Pelatihan Penggunaan Konsep Buku Rekening dan Permainan Dadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Operasi Bilangan Bulat
Abstract
Kegiatan pengabdian ini berfokus pada peningkatan pemahaman siswa terhadap operasi bilangan bulat melalui konsep debet dan kredit (utang dan uang) dan permainan dadu. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah agar siswa mampu memberikan argumen atau alasan dari setiap hasil operasi bilangan bulat yang dikerjakan. Metode dari kegiatan ini adalah metode latihan dan permainan. Melalui metode tersebut, siswa diperkenalkan dengan konsep bilangan bulat dan diajarkan strategi dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Subjek dari kegiatan ini adalah siswa kelas 5 SD Masehi Karuni. Hasil dari pengabdian ini adalah rata-rata siswa mampu menyelesaikan soal operasi bilangan bulat dan mampu memberikan alasan untuk setiap hasil yang diperoleh. Operasi bilangan bulat merupakan salah satu materi matematika yang merupakan pengetahuan yang sangat mendasar bagi semua siswa. Banyak permasalahan yang muncul terkait soal-soal seperti 4 + (-7); (-6) + 9; (-3) - (-6); 2 -7 adalah bagaimana memberikan penjelasan dan bagaimana menjelaskan makna operasi tersebut secara konkrit. Hal ini dikarenakan pada umumnya siswa berpikir dari hal-hal yang bersifat nyata ke abstrak. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan dengan berbagai metode untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi operasi bilangan bulat. Implikasi dari kegiatan pengabdian ini adalah siswa dapat berlatih berhitung dengan tepat dan mengembangkan kemampuan untuk memberikan argumen yang masuk akal serta tepat. Selain itu, pemberian materi mengenai konsep debet dan kredit serta contoh konkret dari kehidupan sehari-hari membantu siswa memahami dan menerapkan konsep tersebut dengan lebih baik.
References
Ate, D. (2021). Enhancing primary school students’ competencies in step by step controllable argumentation using a new learning environment. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 73–82. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.35322.
Cohors-Fresenborg, E., & Nowińska, E. (2021). Pengantar Kategorisasi Kegiatan Metakognitif-Diskursif-Para Siswa dan Guru dalam Pelajaran Matematika. Lembaga Matematika Kognitif, STKIP Weetebula.
Gatot Muhsetyo, dkk. (2015). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.
Karso, dkk. (2011). Pendidikan Matematika I. Universitas Terbuka.
Kaune, C., & Cohors-Fresenborg, E. (2017). Pedoman Perhitungan Sesuai Kontrak. Monograph Series in Mathematic Education oleh Lembaga Matematika Kognitif STKIP Weetebula. . Lembaga Matematika Kognitif STKIP Weetebula.
Kaune, C., Cohors-Fresenborg, E., Nowinska, E., Marpaung, Y., & Handayani, N. (2012). Developing Metacognitive and Discursive Activities in The Indonesian Mathematics Education Results of a Feasibility Study (Vol. 3, Issue 1).
Kaune, C., & Cohors-Fresenborg, Elmar. (2021). Pedoman Perhitungan Sesuai Kontrak (E. Cohors-Fresenborg, Ed.; Pertama). Lembaga Matematika Kognitif STKIP Weetebula.
Khaeroni. (2015). Ragam Permasalahan dalam Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Bulat di SD/MI. PRIMARY Vo. 07 No. 02.
Moza, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index.
Surwa. (2020). Meningkatkan Kemampuan Operasi Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar melalui Kooperatif Tipe STAD. PEDADIKDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Wildaniati, Y. (2015). Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Alat Peraga. Elementary Vol. 1 Edisi 1.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.