Peningkatan Spelling English dengan Pronunciation Test Menggunakan Internet of Things untuk Siswa Disabilitas
Abstract
Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Mataram (SLB Negeri 2 Mataram) merupakan sekolah negeri dengan jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yang seluruh siswanya merupakan penyandang disabilitas. SLBN 2 Mataram memiliki jumlah siswa sebanyak 179 siswa dengan rincian sebagai berikut, yaitu 96 siswa SDLB, 47 siswa SMPLB, dan 36 siswa SMALB. Jumlah siswa penyandang Tuna Grahita sebanyak 80 siswa dengan rincian sebagai berikut yaitu 50 siswa SD, 17 siswa SMP, dan 13 siswa SMA. Permasalahan yang dihadapi oleh SLB Negeri 2 Mataram adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk penyandang Tuna Grahita. Siswa tunagrahita memiliki kondisi intelektual di bawah rata-rata sehingga mereka akan mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran dengan metode dan media yang umum digunakan. Tujuan dari pengabdian ini yaitu dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam memahami materi pembelajaran bahasa inggris. Metode atau strategi yang dilakukan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pengembangan alat dengan mengacu pada kondisi siswa penyandang disabilitas, dan tahap kedua adalah tahap implementasi penggunaan alat untuk siswa penyandang disabilitas. Hasil dari pengabdian ini adalah mampu meningkatkan minat belajar bagi siswa penyandang disabilitas dan memudahkan siswa dalam belajar terkait pelafalan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Implikasi dari pengabdian ini yaitu dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran khususnya dalam bahasa inggris, kemudian untuk siswa, dapat meningkatkan daya ingat dan cara pengucapan kata dalam bahasa inggris.
References
Hadi, S., Soraya, S., Dewi, P., Marzuki, K., Rady Putra, L. G., & Yunika, R. P. (2020). Pengenalan Teknologi Sensor Cahaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.30812/adma.v1i1.818
Isyani, & Esser, B. N. (2017). Pengaruh Latihan Model Bermain Terhadap Kemampuan Melempar Bola dalam Permainan Bocce pada Anak Tunagrahita. Jurnal Kependidikan, 16(3), 256–261.
Maulidiyah, F. N. (2020a). Interactive Multimedia Learning Media for Children with Light Developmental Disabilities. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100.
Maulidiyah, F. N. (2020b). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan, 29(2), 93–100. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.647
Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2021). Model Estafet Games untuk Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 143. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.34643
Puspitaningsari, M., Nawil Satriyawan, L., & Nur Synthiawati, N. (2022). Pengaruh Modifikasi Bermain Bola Bocce Terhadap Kemampuan Melempar Pada Siswa Tunagrahita Sedang. Jurnal Porkes, 5(1), 231–244. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5721
Sanusi, R., Dianasari, E. L., Khairiyah, K. Y., & Chairudin, R. (2020). Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 37–46. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i2.745
Sulistiani, A., Ratnawati, I. I., & ... (2021). Pemerolehan Kosakata Berdasarkan Kelas Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Kelas VI SDLB C Negeri Balikpapan. Jurnal Basataka …, 4(2), 161–168.
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.496
Widiastuti, S. M. (2022). Psikologi Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Sosisal Dan Humanistik, 1(4), 1–23. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjBzPX--qX-AhV74jgGHc3lAQQQFnoECBAQAQ&url=https%3A%2F%2Fcore.ac.uk%2Fdownload%2Fpdf%2F76939829.pdf&usg=AOvVaw0Ml4sDI-bw6iDypakdHeKb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.