Optimalisasi Materi Inklusi Kesadaran Pajak bagi Dosen Mata Kuliah Wajib Umum dengan Pendekatan Teks Akademik Genre Makro

  • Anhar Anhar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan
Keywords: Strategi, Inklusi Kesadaran Pajak, Mahasiswa dan Dosen

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk; (1) optimalisasi  penerapan strategi dan materi inklusi pajak yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak bersama dengan kementerian yang membidangi pendidikan untuk meningkatkan kesadaran perpajakan kepada peserta didik, baik dari tingkat dasar sampai dengan menengah, serta guru sebagai demonstrator dan dosen sebagai fasilitator yang diimplementasikan dalam bentuk integrasi materi kesadaran pajak  secara  hidden kurikulum, proses pembelajaran, dan ketersediaan literatur; (2) penguatan literasi dan materi dalam mata kuliah wajib umum bagi para dosen serta mahasiswa dalam menumbuhkan kesadaran pajak melalui pendekatan teks akademik genre makro dalam berbagai perspektif; (3) sebagai bentuk tanggung jawab dunia pendidikan pada pembentukan karakter generasi bangsa, maka penyelenggaraan pendidikan tinggi diarahkan untuk mampu menumbuhkan kesadaran mahasiswa membayar pajak kemudian mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat sekitarnya. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode sharing hyperlink teks,  kemudian dilanjutkan dengan kegiatan microteaching. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat; (1) meningkatkan strategi dalam menyampaikan materi tentang inklusi kesadaran pajak bagi dosen yang mengampu mata kuliah wajib umum; (2)  meningkatkan peran dosen mata kuliah wajib umum  dalam upaya optimalisasi kesadaran pajak mahasiswa dan etika pajak yang baik bagi masyarakat umumnya.

References

Ahmad, I. (2016). Membangun Kesadaran Pajak dalam Sistem Pendidikan di Perguruan Tinggi. Naskah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kemenkeu.
Andrei, E. (2019). Adolescent English Learners’ Use of Digital Technology in the Classroom. Educational Forum, 83(1), 102–120. https://doi.org/10.1080/00131725.2018.1478474
Dewi, P., & Muhid, A. (2021). Students’ Attitudes towards Collaborative Learning through E-Learning during Covid-19: A Male and Female Students. English Teaching Journal: A Journal of English Literature, Linguistics, and Education, 9(1), 26–33. 10.25273/etj.v9i1.9046
Hutabara, Metyria Imelda. (2022). Meningkatkan Kesadaran Kaum Muda dengan Memahami Penghasilan Tidak Kena Pajak bagi Siswa SMA Swasta Indonesia Membangun Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2 (1) 40-48. Doi: https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.126
Jaya, I Made Laut Mertha. (2019). Realita Kesadaran Pajak di Kalangan Generasi Muda (Mahasiswa) Surabaya. Jurnal Ilmiah Akuntansi. 4 (2), 161-183.
Nurdjan. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi: Terampil Bahasa Melalui Pembelajaran Berbasis Teks. Makassar: Penerbit Bintang Timur.
Nurwardani, Partiyanti, dkk. (2017). Panduan Pembelajaran: Kesadaran Pajak Untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Nurwardani, Partiyanti, dkk. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia: Ekspersi Diri Akademik. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan.
Tim Edukasi Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak. (2016) Kesadaran Pajak: Untuk Perguruan Tinggi. Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Zamroni, Akhmad. (2015). Partisipasi dalam Upaya Bela Negara. Bandung: Yrama Widya.
Published
2023-01-31