Pelatihan Penyusunan Sistem Administrasi Taman Pendidikan Al-Qur’an

  • Arfin Arfin Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Hermanto Hermanto
  • Usman Usman
Keywords: pelatihan, Sistem, dan administrasi

Abstract

Permasalahan yang dialami oleh Taman Pendidikan Al Quran di Mesjid Mawadatullah Kelurahan Wowawanggu Kota Kendari yaitu Pegelolaan tidak memilki sistem administrasi, baik dari segi administrasi masukan (imput), administrasi proses, dan administrasi autput. Selain sistem administrasi, permasalahan yang ada adalah manajemen pegelolaan yang belum baik, yaitu 4 (empat) orang guru bertindak sebagai pengelola, tidak ada yang bertindak sebagai koordinator dan belum adanya pembagian tugas kerja secara spesifik dari setiap pengelola. Motode pendekatan dalam menyelesaikan permasalahan mitra adalah kegiatan pelatihan, praktek penyusunan sistem administrasi, pembinaan dan evaluasi. Jenis luaran yang ingin dicapai adalah aspek produksi yaitu adanya dokumen sistem administrasi Taman Pendidikan Al Quran dan aspek manajemen yaitu diperolehnya kemampuan mengelola dalam bentuk pembagian tugas secara spesifik. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan penyusunan sistem administrasi Taman Pendidikan Al Quran di Mesjid Mawadatullah Kelurahan Wowawanggu Kota Kendari telah berkontribusi dalam memberikan kompetensi kepada peserta pelatihan yaitu  pengelola dan guru telah mampu menyusun dan membuat dokumen sistem administrasi, mulai dari administrasi input, proses, dan autput. Sehingga Taman Pendidikan Al Quran telah memiliki sistem administrasi. Selain itu pengelola dan guru memiliki kemampuan mengelola dalam bentuk pembagian tugas secara spesifik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan.

References

Amirin, T. M. (2003). Pokok-Pokok Teori Sistem (1st ed.). PT RajaGrafindo.
Kementrian Agama RI. 2013. Pedoman Kurikulum Taman Kanak-Kanak Al-Quran (TKA/TKQ) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam.
Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.
Nasuka. (2005). Teori Sistem Sebagai Salah Satu Alternatif Pendekatan dalam Ilmu-Ilmu Agama Islam. Kencana.
Suhardan, D., & Suharto, N. (2009). Filsafat Administrasi Pendidikan. Alfabeta.
Published
2022-07-27