Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Artificial Intelligence Sebagai Asisten Pembelajaran Interaktif

Authors

  • Tri Widayanti STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Eriza Herawati STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Hayyuni Hayyuni STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5637

Keywords:

Artificial Intelligence, Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar, SMK, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Koperasi Pontianak melalui pemanfaatan Artificial Intelligence sebagai asisten pembelajaran interaktif. Rendahnya motivasi belajar seringkali menjadi hambatan dalam proses pendidikan, terutama di era digital. Workshop yang diselenggarakan pada 23 Januari 2025 ini diikuti oleh 30 siswa, berfokus pada pelatihan praktis penggunaan Artificial Intelligence generatif (seperti ChatGPT, Google Gemini, dan lain-lain) untuk menciptakan materi pembelajaran yang personal, kuis interaktif, dan rangkuman pelajaran yang efisien. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, demonstrasi langsung, dan praktik mandiri. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam partisipasi aktif dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan. Penggunaan Artificial Intelligence tidak hanya mempercepat proses pemahaman tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan. Luaran kegiatan ini adalah peningkatan motivasi intrinsik siswa, adopsi Artificial Intelligence sebagai alat bantu belajar, serta terbentuknya panduan praktis bagi sekolah untuk mengintegrasikan teknologi serupa di masa depan.

Downloads

Published

2025-09-19