Penerapan Literasi Digital dan Etika Bermedia Sosial bagi Siswa SMA di Era Society 5.0

Authors

  • utin Kasma Utin STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Gressia Hana STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
  • Christine Christine STMIK Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5636

Keywords:

Literasi Digital , Etika Bermedia Sosial

Abstract

Perkembangan teknologi di era Society 5.0 menuntut generasi muda, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), untuk memiliki kemampuan literasi digital yang memadai serta memahami etika bermedia sosial. Penelitian ini merupakan bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan media sosial secara bijak, aman, dan bertanggung jawab. Kegiatan dilaksanakan melalui workshop interaktif di SMA Mujahidin Pontianak pada tanggal 6 Mei 2025, dengan peserta sebanyak 33 siswa kelas XII. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, studi kasus, dan simulasi praktik pengelolaan keamanan informasi pribadi di media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan dan sikap siswa terkait literasi digital, perlindungan data pribadi, dan penerapan etika komunikasi daring. Luaran kegiatan berupa modul pelatihan dan panduan etika bermedia sosial yang dapat diadopsi oleh pihak sekolah dan masyarakat luas sebagai referensi edukasi keamanan digital. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam membentuk generasi muda yang cakap digital dan beretika, sehingga mampu menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang teknologi di era Society 5.0.

Downloads

Published

2025-09-19