Model Pembelajaran Adaptif Berbasis AI:Mengontekstualisasikan Budaya Marapu dalam Pembelajaran Matematika Di SMAN 1 Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya

Authors

  • Agustina Setiawi Universitas Stella Maris Sumba, NTT, Indonesia
  • Mitra Ayu Universitas Stella Maris Sumba, NTT, Indonesia
  • Maria Wilda Malo Universitas Stella Maris Sumba, NTT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5625

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE untuk merancang model pembelajaran adaptif berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mengontekstualisasikan budaya Marapu di SMAN 1 Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya. Dua jenis AI digunakan, yaitu Natural Language Processing (NLP) untuk memetakan minat siswa dan Machine Learning (ML) untuk menyesuaikan materi dan kuis secara otomatis. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI dan 6 guru dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, PPKn, dan Antropologi. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan skor pemahaman siswa dari 62,4 menjadi 83,7, dengan 85% siswa menyatakan bangga mempelajari budaya lokal, dan 80% menunjukkan peningkatan keterlibatan. Sebanyak 83% guru merasa terbantu dalam mendesain pembelajaran yang lebih kontekstual dan interaktif. Penelitian ini menyarankan replikasi model di daerah lain dan dukungan infrastruktur teknologi di sekolah terpencil.

Downloads

Published

2025-09-19