ANALISIS DIGITAL PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIZAN BOOK STORE
DOI:
https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5620Keywords:
Digital Promotion, Store Atmosphere, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada pada Mizan Pustaka Bandung, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang ritel khususnya buku sudah melakukan penerapan digital bisnis dan selalu berusaha meningkatkan store atmosphere tetapi volume penjualan setiap bulannya mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta pengaruh Digital Promotion dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan pada mizan pustaka bandung. Pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah dari penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden penelitian ini ada 100 responden, hasil tanggapan responden dalam penelitian ini digambarkan baik serta berpengaruh positif secara parsial dan simultan, hasil dari penelitian ini juga menjelaskan bahwa kontribusi atau sumbangan pengaruh Digital Promotion dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian yaitu sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa, terdapat pengaruh positif secara parsial maupun simultan dari variabel Digital Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian.
References
[1] Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Pemasaran. CV Pustaka Setia: Bandung.
[2] Alma, Buchari. 2019. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
[3] Aminudin, Lucky. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Digital Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada KFC Mega Mas Manado. Manado: Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol.15 No. 05 Tahun 2015 : 705
[4] Desayana, Cindy Juwita. 2019. Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado. ISSN : 2303-1174. Manado : Jurnal Emba Vol. 1 No. 3 Juni 2019 : 844-852
[5] Daud, Denny. 2019. Digital Promotion & kualitas layanan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa pembiayaan pada PT Bess finance manado. ISSN : 2303-1174 Manado : Jurnal Emba Vol. 1 No. 4 Desember 2019 : 51-59
[6] Kurniati, Dian prima. 2019. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Obat Bebas di Apotek kimia Kota Jambi. ISSN: 2338-123x Jambi: Jurnal Dinamika Manajemen Vol. 1 No. 4 Oktober-
Desember 2019 : 284
[7] Kusumawati, Andriani, Lily Harlina putri dan Srikandi Kumadji. 2017. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan ( Studi PD Monopoli Cafe and Resto Seokarno Hatta
Malang). Malang : Jurnal administrasi bisnis (JAB) Vol. 15 No. 2 Oktober 2017
[8] Meitriana, Made Ary, Niluh Julianti, Made Nuridja. 2017. Pengaruh suasana toko (Store atmosphere) terhadap minat beli konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kec.Nusa Penida tahun 2017 Vol. 4 No. 1 tahun 2017
[9] Nuraisyah, Putri Ayu dan Rennyta Yusiana. 2017. Peranan Store Atmosphere dalam Meningkatkan Keputusan pembelian. ISSN: 2355-0295, E-ISSN: 2549-8932. Jurnal Ecodemica Vol. 1 No. 1 April 2017
[10] Muhammad Rheza Alfin. 2017. Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. ISSN: 2355-0295, E-ISSN: 2549-8932. Jurnal Ecodemica Vol. 1 No. 2
September 2017
[11] Petter, J Paul dan Jerry C. Olson. 2017. Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Salemba Empat:
Jakarta
[12] Sufren dan Yonathan Natanael. 2017. Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. PT Alex Media Koputindo
[13] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
[14] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
[15] Sugiyono. 2019. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
[16] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung
[17] Siregar, S. 2019. Statistika Deskriptif untuk penelitian. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
[18] Susilawati. 2019. Analisis Keefektifan Digital Promotion Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Kota Sukabumi. ISSN : 2458-0295. Jurnal Ecodemica, Vol. IV. No.1 April 2019
[19] Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta C.V Andi Offset.
[20] Widodo. 2017. Metode Penelitian Popular & Praktis. Jakarta : PT Rajagrafindo Persad