Integrasi Matematika dan Teknologi AI dalam Meningkatkan Literasi Finansial di Lingkungan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5578Keywords:
kecerdasan buatan, literasi finansial, matematika terapan, pengelolaan keuangan, pesantrenAbstract
Permasalahan rendahnya literasi finansial di kalangan santri masih menjadi tantangan, khususnya dalam memahami konsep dasar keuangan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan tujuan meningkatkan literasi finansial melalui integrasi matematika terapan dan teknologi Artificial Intelligence. Workshop diikuti oleh 63 santri Pondok Pesantren Daarul Ishlah, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Materi yang diberikan meliputi perhitungan diskon dalam transaksi jual beli, strategi menabung secara teratur, serta pengelolaan keuangan pribadi melalui penyusunan anggaran sederhana. Selain itu, peserta diperkenalkan pada pemanfaatan teknologi AI berupa ChatGPT sebagai pendamping belajar dalam menyelesaikan permasalahan finansial berbasis matematika. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman santri dalam menghitung harga setelah diskon, membuat rencana tabungan, dan mengatur keuangan pribadi secara lebih disiplin. Santri juga mampu memanfaatkan ChatGPT untuk mencari solusi praktis atas perhitungan keuangan sehari-hari. Kesimpulannya, integrasi matematika dan teknologi AI terbukti efektif dalam meningkatkan literasi finansial santri, serta memberikan bekal keterampilan praktis untuk mendukung kemandirian mereka di masa depan.
References
[1] Otoritas Jasa Keuangan, “Survei Nasional Literasi dan Inklusi keuangan 2022,” 2022.
[2] I G.A.N Alit Sumantri and I Gusti Agung Ayu Pramita Indraswari, “Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa,” J. Akad. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 4, pp. 151–153, 2024, doi: 10.61722/japm.v2i4.2136.
[3] R. Ernayani, H. E. Zulaecha, D. Rachmania, and M. Z. Hakim, “Edukasi Literasi Keuangan bagi Masyarakat : Membangun Kemandirian Finansial,” I-Com, vol. 4, no. 3, pp. 1713–1722, 2024.
[4] S. Amalia, W. P. Nugrahani, S. Riantani, and J. H. Wijaya, “Peningkatan Literasi Keuangan Syariah pada Santri Pondok Pesantren Graber Darul Salam Al Mubarokah,” Abdimas Galuh, vol. 7, no. 1, pp. 231–239, 2025.
[5] K. Umuri et al., “Upaya Peningkatan Literasi Keuangan Syariah di Kalangan Santri Pesantren Tradisional Aceh,” J. Humanism, vol. IV, no. 3, pp. 331–345, 2023.
[6] H. Jo, “From concerns to benefits: a comprehensive study of ChatGPT usage in education,” Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 21, no. 1, 2024, doi: 10.1186/s41239-024-00471-4.
[7] K. Nazuwa, A. Tiani, Helmayana, I. P. Nurhayati, and Y. S. Harahap, “Pemanfaatan Teknologi AI untuk Inovasi dan Efisiensi di Era Digital dengan Memperhatikan Kelebihan , Kekurangan , dan Dampaknya bagi Siswa / i SMP Sebelas Maret,” PT J. Cendekia Indones., vol. 1, no. 1, pp. 49–54, 2025.
[8] C. D. Palenti, “Peningkatan Keterampilan Komunikasi melalui Participatory Learning Pada kegiatan Pemberdayaan Masyarakat,” Diklus J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 5, no. 1, pp. 87–98, 2021, doi: 10.21831/diklus.v5i1.37074.
[9] J. V. Litamahuputty and S. Sipakoly, “Peningkatan Literasi Keuangan Masyarakat Melalui Program Edukasi dan Pelatihan Keuangan,” Community Dev. J., vol. 5, no. 2, pp. 3640–3646, 2024.
[10] A. Fajriati, W. Wisroni, and C. Handrianto, “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Berbasis Peserta Didik di Era Digital,” Wahana Pedagog., vol. 6, no. 2, pp. 71–85, 2024.
[11] Dewi Purnama Sari, Alinurdin, and R. P. Salwa Alifah, “Hubungan ChatGPT dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 665–672, 2025, doi: 10.36085/jupank.v5i1.8066.
[12] P. A. Rakhman et al., “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” J. Didika, vol. 9, no. 2, pp. 316–326, 2023.
[13] I. Rismawati, I. F. Sudirman, and S. M. Jalaludin, “Peran Kecerdasan Buatan Dalam Meningkatkan Financial Awareness Bagi Mahasiswa Perbankan Syariah dengan Pemanfaatan Produk Bank Syariah,” J. Perbank. Syariah, vol. 11, no. 1, pp. 50–61, 2025.
[14] M. Zaini, Iskandar, M. Wardani, and M. Gina, “Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pembelajaran: Dampaknya Pada Literasi Digital dan Berpikir Kritis Siswa,” Maulana Atsani, vol. 1, no. 4, pp. 151–157, 2025.
[15] A. Nurasikin, K. Masyhari, and A. Imron, “Pelatihan Manajemen Keuangan bagi Santri Menuju Kemandirian Pondok Pesantren,” DIMAS, vol. 22, no. 1, pp. 83–98, 2022, doi: 10.21580/dms.2022.221.10794.