Implementasi Pelatihan Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan Spreadsheet sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Keuangan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5566Keywords:
pelatihan akuntansi, spreadsheetAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan keterampilan keuangan siswa dengan mengajarkan mereka cara mencatat pembukuan perusahaan dagang menggunakan spreadsheet. Sasaran kegiatan ini adalah 40 siswa dari SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode pelaksanaan meliputi penyampaian materi, demonstrasi penggunaan spreadsheet, praktik langsung dalam mencatat transaksi, dan diskusi interaktif. Identifikasi transaksi, pencatatan di jurnal umum, posting ke buku besar, penyusunan neraca percobaan, dan penyusunan laporan keuangan sederhana merupakan bagian dari materi pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep akuntansi dan lebih mahir dalam menggunakan spreadsheet untuk pencatatan keuangan. Peserta juga menyatakan bahwa pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk pembelajaran di sekolah maupun untuk persiapan memasuki dunia kerja. Kegiatan ini menghasilkan output berupa modul pembelajaran dan template spreadsheet yang dapat digunakan oleh lembaga pendidikan atau masyarakat umum. Diharapkan kegiatan PKM ini dapat membekali siswa dengan keterampilan akuntansi digital praktis untuk memenuhi tuntutan era teknologi informasi.
References
[1] N. Helmayunita, A. E. Betavia, D. Septiari, and S. Dwita, “Pelatihan Pemanfaatan Spreadsheet untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Bisnis dan Manajemen dalam Menyusun Laporan Keuangan,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 3, pp. 243–250, 2021.
[2] A. F. Sestri Novia Rizki, Eko Amri Jaya, “Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi Bagi Siswa Akuntansi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Digital di SMK Multimedia Mandiri,” vol. 7, no. 1, pp. 243–250, 2025.
[3] Arief Nurrahman, R. I. Aghni, M. D. Cahyani, and M. Z. Maulana, “Pelatihan Spreadsheet Akuntansi sebagai Strategi Peningkatan Keterampilan Bekerja Siswa di Abad 21,” Sejah. J. Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, vol. 3, no. 2, pp. 40–52, 2024.
[4] M. A. Wicaksono, K. N. Salsabila, Z. Salsabila, and M. Maya, “Curriculum implementation in accounting major at SMK Pajajaran Bandung,” Hipkin J. Educ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 1–22, 2025.
[5] Nariman, et al “Akuntansi: Perusahaan Dagang dan Industri,” vol. 3, no. 2, pp. 7–37, 2000.
[6] N. Nuridayanti, S. Suhaeb, A. C. Dewi, Y. A. Djawad, and L. Labusab, “PkM Membangun Kemampuan Digital Guru dalam Pembelajaran,” TEKNOVOKASI J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 76–87, 2024.
[7] Challen, M. Ghazali, and H. Fitri, “Pelatihan Laporan Keuangan Berbasis Excel Bagi Siswa SMK,” I-Com Indones. Community J., vol. 4, no. 1, pp. 362–369, 2024.
[8] Yulaini et al., “Pelatihan dan Workshop Kewirausahaan Berbasis Digital di Sekolah,” Wahana Dedik. J. PkM Ilmu Kependidikan, vol. 5, no. 1, p. 151, 2022.
[9] N. Puspitaloka, D. N. Fauziah, and Y. Cahyana, “Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Keterampilan Membaca Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru Smp,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 4, p. 1781, 2022.
[10] A. Zahriyah, N. Setianingrum, and P. Keuangan, “Pelatihan pelaporan keuangan berbasis aplikasi excel bagi umkm di kabupaten jember,” Communnity Dev. J., vol. 5, no. 4, pp. 6865–6874, 2024.
[11] Anwar,et al “Pengembangan Bahan Ajar Berupa Handout Pada Pembelajaran Akuntansi Dasar Fase F: Studi Analisis Transaksi Bisnis,” vol. 6, no. 2, pp. 162–171, 2025.
[12] N. Nursalam and A. S. A. D. Djaha, “Pelatihan Pembuatan Kuesioner Penelitian Bagi Mahasiswa Prodi Administrasi Negara Fisip Universitas Nusa Cendana,” Jdistira, vol. 3, no. 1, pp. 25–31, 2023.
[13] E. Putra and Z. Ali, “Edukasi Penerapan Google Form Sebagai Alat Penilaian Pembelajaran di SDN 26 Palu Melalui Program Kampus Mengajar,” J. Pengabdi. Masy. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 120–133, 2024.
[14] P. Bestari and R. N. Ainy, “Akuntansi Berbasis Excel Dan Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 9, no. 2, p. 1478, 2025.
[15] Purwati,et al “Pendampingan Gen Z dalam Literasi Keuangan di SMA Xaverius Pringsewu,” vol. 6, no. 2, pp. 538–544, 2025.