Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teknik Dasar Karate dengan Teknologi Markerless AR

Authors

  • Novia Arista Putri Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Dian Syafitri Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Miftahul Madani Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Melati Rosanensi Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/corisindo.v1.5542

Keywords:

Android, Augmented Reality, Karate, Markerless Ar, Pembelajaran Interaktif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan media pembelajaran interaktif untuk membantu karateka pemula memahami teknik dasar karate yang sulit dipelajari melalui metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi pengenalan gerakan teknik dasar karate berbasis Augmented Reality (AR) pada platform Android, dengan visualisasi model 3D interaktif menggunakan teknologi markerless sehingga dapat diakses tanpa penanda fisik. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian melibatkan validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta kuesioner kepada pengguna. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 80,63% yang mengindikasikan kualitas baik pada aspek tampilan dan keakuratan gerakan, sementara 89,68% pengguna merasa terbantu dengan aplikasi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman teknik dasar karate.

References

[1] E. Pratama, “Media Pembelajaran Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci menggunakan Augmented Reality(AR),” Pekanbaru, Jul. 2022.

[2] M. S. Lauryn, M. Ibrohim, and P. Purnamasari, “Aplikasi Pengenalan Hewan Bermetamorfosis dengan menggunakan Augmented Reality berbasis Android,” 2020.

[3] Y. O. Apriyanti, A. Suryadin, and E. R. Kurniasih, “Analisis Gaya Belajar Siswa ( Berprestasi Akademik dan Non Akademik ) Pada Kelas V Sd Negeri 20 Pangkalpinang,” J. Elem. Sch. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 130–142, 2022.

[4] D. N. Aulia, Zulkarnaen, and N. Hidayati, “Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Peserta Didik Kelas XI MIPA Di SMA Negeri 5 Samarinda,” Semin. Nas. Pendidik. Profesi Guru, no. c, pp. 16–19, 2022.

[5] E. Hariyanto and D. F. Cahyaningsih, “Pengembangan Bahan Latihan Teknik Dasar Karate menggunakan Media Audio Visual untuk Karateka Pemula,” 2022. [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

[6] A. Huda and N. Ardi, Teknologi Multimedia dan Animasi, Tim editor UNP Press., vol. 1. Padang: UNP PRESS, 2021. Accessed: Apr. 12, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=59ZbEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&lpg=PR5&dq=buku multimedia&hl=id&pg=PR5#v=onepage&q&f=false

[7] A. P. Rahmawati, I. A. Wicaksono, I. A. Azimi, and S. K. Atjil, “Mambuah sebagai media interaktif pengenalan buah-buahan untuk kelas V sekolah dasar,” J. Desain, vol. 11, no. 3, p. 453, 2024, doi: 10.30998/jd.v11i3.15873.

[8] M. R. Hakim, R. Dijaya, and S. Busono, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Visualisasi Model 3 Dimensi Design Packaging Produk,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 3, pp. 947–958, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i3.4017.

[9] D. I. Pamungkas, “Teknik Dasar Karate untuk Pemula,” okesport. Accessed: Apr. 06, 2023. [Online]. Available: https://sports.okezone.com/read/2022/02/16/43/2548464/teknik-dasar-karate-untuk-pemula

[10] L. Damayanti, W. Suana, and A. R. Riyanda, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis augmeneted reality pengenalan perangkat keras komputer,” Ikra-Ith Inform., vol. 6, no. 1, pp. 10–19, 2022.

[11] Hajrah, B. Krismono, and M. Syahrir, “Pengenalan Taekwondo Protector menggunakan Augmented Reality berbasis Android,” 2022, [Online]. Available: https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/bite

[12] D. Tresnawati, A. Deddy Supriatna, and A. N. Puadi, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Teknik Dasar Pencak Silat untuk Anak menggunakan Teknologi Augmented Reality,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/

[13] N. U. Fadilah, “Media Pembelajaran: Definisi, Manfaat dan Jenisnya dalam Pembelajaran,” 2019.

[14] M. I. Irawan, “Aplikasi Animasi Tinju menggunakan Augmented Reality berbasis Android,” Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Dec. 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/356664038

[15] A. Suryanti, I.N.A.S. Putra, and F. Nurrahman, “Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif,” J. Teknol. Pembelajaran Indones., vol. 11, no. 2, pp. 147–156, 2021, doi: 10.23887/jurnal_tp.v11i2.651.

Downloads

Published

2025-09-19