Membangun Sudut Baca Sebagai Sarana Pengembangan Literasi Baca Anak Usia Dini Di Paud Taman Belia Candi

Authors

  • Putri Damar Timur Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mintarsih Arbarini Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5217

Keywords:

Anak Usia Dini, Kebiasaan Membaca, Literasi Membaca, Pengembangan Literasi, Sudut Baca

Abstract

 Pengabdian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan peran sudut baca dalam
 meningkatkan melek huruf diantara peserta didik PAUD Taman Belia Candi. Pentingnya penanaman
 kebiasaan membaca sejak dini sangat krusial dalam membentuk fondasi literasi yang kuat. Namun,
 ketersediaan fasilitas dan lingkungan yang kondusif sering kali menjadi tantangan. Metode pengabdian
 yang dilakukan berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahapan ini juga meli
batkan observasi partisipan dan wawancara terhadap orang tua dan pendidik di PAUD taman Belia Candi.
 Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, strategi
 implementasi sudut baca yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan sudut baca
 yang menarik, nyaman, dan kaya akan materi bacaan bervariasi secara signifikan meningkatkan minat
 dan motivasi anak untuk berinteraksi dengan buku. Selain itu, keterlibatan aktif orang tua dan pendidik
 dalam mendampingi anak saat membaca di sudut baca turut berperan dalam memperkaya kosakata,
 pemahamancerita, dan kemampuan pra-membaca anak. Implikasi dari pengbdian ini adalah peningkatan
 kesadaran pentingnya literasi sejak dini, pengembangan keterampilan Bahasa anak, peningkatan minat
 baca dan literasi dini. Diharapkan, pembangunan sudut baca dapat menjadi model replikasi untuk insiatif
 serupa dalam upaya optimalisasi pengembangan literasi baca anak usia dini secara holistik.

Author Biography

  • Mintarsih Arbarini, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

    Mintarsih Arbarini, M.pd. saat ini berafiliasi dengan Universitas Negeri Semarang. Beliau memiliki pengalaman dalam meneliti berbagai pengabdian dan pemberdayaan. Selain itu beliau telah berpartisipasi dalam berbagai proyek penelitian.

References

Anggraini, D. R. (2022). Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini: Tinjauan dari Sudut Pandang

Orang Tua dan Pendidik. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 209–222.

https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i2.6687

Arbarini, M., Jutmini, S., Djoyoatmojo, S., & Sutarno. (2016). Implementation of Functional

Literacy Education by Participatory Learning as Effort of Lifelong Learning [ISBN: 2502

4124]. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education,

2(1), 734–745.

Arifah, Z. (2018). Penguatan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui “Gernas Baku”. Jurnal

Ilmiah Citra Ilmu, 4(April), 51–63.

Chasannudin, A., Malikah, H., Laily, A., & Bastomi, A. (2024). Pembuatan Pojok Baca dan

Pendampingan Literasi Membaca Awal bagi Anak-Anak Usia Dini. 3. https://doi.org/10.

35878/kifah.

Desy, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpus

takaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and

Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227

Fatoni, A. (2023). Optimalisasi Minat Membaca Melalui Program Taman Baca Anak Di Desa

Parumasan Kabupaten Pandeglang. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada

Masyarakat, 3(6), 770–775. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i6.489

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini di

Era Digital. 03(01), 10–24.

Hayati, R. H., Rozi, M. F., Utama, H. B., & Mulyani, R. R. (2024). Optimalisasi Perpustakaan

Nagari Melalui Kegiatan Mendongeng: Upaya Meningkatkan Literasi dan Minat Baca

Anak. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 163–170. https:

//doi.org/10.24036/abdi.v6i1.684

Prasasty, A. T. (2022). Memupuk Minat Baca Usia Dini Melalui Pojok Literasi di Lingkungan

Setempat. 3D Learning Media Development Training for Classroom Teachers At Sdn

Pondok Terong 1 Depok, 4(1), 31–37.

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan

Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal

Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat

Berdaya dan Inovasi, 1(2), 83–85. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.18

Wardani, E., & Alwah syamsiah, A. (2022). Penerapan Metode Read-Aloud Pada Perkembangan

Literasi Anak Usia Dini Di Kober Miftahul Hidayah Bayongbong Garut. Jurnal Pendidikan

Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 60–67. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.256

Widuroyekti, B., Luluk, H., & Iswati. (2023). Meningkatkan Literasi Bahasa pada Anak Usia

Dini Melalui Media Game Edukasi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2),

62–73. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.10204

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa

untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak

Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Yuda, Y. P., Hapsari, E. D., Widayatno, D., Junita, M. I., & Choirunisa, V. S. (2021). Pember

dayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Minat

Baca Anak Di Desa Golan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI),

1(2), 45–51. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.305

Downloads

Published

2025-07-22