Membangun Sudut Baca Sebagai Sarana Pengembangan Literasi Baca Anak Usia Dini Di Paud Taman Belia Candi
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5217Keywords:
Anak Usia Dini, Kebiasaan Membaca, Literasi Membaca, Pengembangan Literasi, Sudut BacaAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan peran sudut baca dalam
meningkatkan melek huruf diantara peserta didik PAUD Taman Belia Candi. Pentingnya penanaman
kebiasaan membaca sejak dini sangat krusial dalam membentuk fondasi literasi yang kuat. Namun,
ketersediaan fasilitas dan lingkungan yang kondusif sering kali menjadi tantangan. Metode pengabdian
yang dilakukan berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahapan ini juga meli
batkan observasi partisipan dan wawancara terhadap orang tua dan pendidik di PAUD taman Belia Candi.
Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi manfaat, tantangan, strategi
implementasi sudut baca yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan sudut baca
yang menarik, nyaman, dan kaya akan materi bacaan bervariasi secara signifikan meningkatkan minat
dan motivasi anak untuk berinteraksi dengan buku. Selain itu, keterlibatan aktif orang tua dan pendidik
dalam mendampingi anak saat membaca di sudut baca turut berperan dalam memperkaya kosakata,
pemahamancerita, dan kemampuan pra-membaca anak. Implikasi dari pengbdian ini adalah peningkatan
kesadaran pentingnya literasi sejak dini, pengembangan keterampilan Bahasa anak, peningkatan minat
baca dan literasi dini. Diharapkan, pembangunan sudut baca dapat menjadi model replikasi untuk insiatif
serupa dalam upaya optimalisasi pengembangan literasi baca anak usia dini secara holistik.
References
Anggraini, D. R. (2022). Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini: Tinjauan dari Sudut Pandang
Orang Tua dan Pendidik. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 209–222.
https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i2.6687
Arbarini, M., Jutmini, S., Djoyoatmojo, S., & Sutarno. (2016). Implementation of Functional
Literacy Education by Participatory Learning as Effort of Lifelong Learning [ISBN: 2502
4124]. Proceeding of the International Conference on Teacher Training and Education,
2(1), 734–745.
Arifah, Z. (2018). Penguatan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui “Gernas Baku”. Jurnal
Ilmiah Citra Ilmu, 4(April), 51–63.
Chasannudin, A., Malikah, H., Laily, A., & Bastomi, A. (2024). Pembuatan Pojok Baca dan
Pendampingan Literasi Membaca Awal bagi Anak-Anak Usia Dini. 3. https://doi.org/10.
35878/kifah.
Desy, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpus
takaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and
Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Fatoni, A. (2023). Optimalisasi Minat Membaca Melalui Program Taman Baca Anak Di Desa
Parumasan Kabupaten Pandeglang. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada
Masyarakat, 3(6), 770–775. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i6.489
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini di
Era Digital. 03(01), 10–24.
Hayati, R. H., Rozi, M. F., Utama, H. B., & Mulyani, R. R. (2024). Optimalisasi Perpustakaan
Nagari Melalui Kegiatan Mendongeng: Upaya Meningkatkan Literasi dan Minat Baca
Anak. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 163–170. https:
//doi.org/10.24036/abdi.v6i1.684
Prasasty, A. T. (2022). Memupuk Minat Baca Usia Dini Melalui Pojok Literasi di Lingkungan
Setempat. 3D Learning Media Development Training for Classroom Teachers At Sdn
Pondok Terong 1 Depok, 4(1), 31–37.
Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan
Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal
Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230
Syafrina, R. (2020). Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng. Masyarakat
Berdaya dan Inovasi, 1(2), 83–85. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.18
Wardani, E., & Alwah syamsiah, A. (2022). Penerapan Metode Read-Aloud Pada Perkembangan
Literasi Anak Usia Dini Di Kober Miftahul Hidayah Bayongbong Garut. Jurnal Pendidikan
Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), 1(1), 60–67. https://doi.org/10.37968/anaking.v1i1.256
Widuroyekti, B., Luluk, H., & Iswati. (2023). Meningkatkan Literasi Bahasa pada Anak Usia
Dini Melalui Media Game Edukasi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2),
62–73. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.10204
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa
untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yuda, Y. P., Hapsari, E. D., Widayatno, D., Junita, M. I., & Choirunisa, V. S. (2021). Pember
dayaan Masyarakat Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Minat
Baca Anak Di Desa Golan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI),
1(2), 45–51. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v1i2.305
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Damar Timur, Mintarsih Arbarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.