Kolaborasi Pemerintah Desa dan Akademisi dalam Penguatan UMKMKembangGoyangdi Desa Talagasari Balaraja Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5112Keywords:
Akademisi, Kolaborasi, Pemerintah Desa, Penguatan UMKM, UMKM DesaAbstract
Artikel ini menganlisis upaya penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa
Talagasari Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang Banten melalui kolaborasi antara akademisi
dan pemerintah desa. UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian desa, namun mereka
sering menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan modal, pemasaran, sertifikasi halal, dan
kapasitas produksi yang rendah. Program ini melibatkan metode empat langkah PR untuk menganalisis
situasi, merencanakan program, mengimplementasikan solusi, serta mengevaluasi hasilnya. Hasil dari
kolaborasi ini menunjukkan pentingnya sinergi pemerintah desa dan akademisi dalam menguatkan
UMKMpedesaan. Pemerintah berkontribusi pada peningkatan kapasitas produksi melalui pemberian
alat produksi yang lebih besar dan modern, akademisi berkontribusi pada bantuan pendampingan proses
sertifikasi halal dan pembuatan konten pemasaran yang lebih menarik. Dukungan dari pemerintah dan
Pendampingan oleh akademisi desa membantu UMKM mengatasi berbagai kendala yang dihadapi
dan menjadi lebih kompetitif di pasar lokal. Program ini juga menunjukkan pentingnya sinergi antara
akademisi dan pemerintah desa dalam memberdayakan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi lokal.
References
Amal, M. K., Alhidayatullah, A., & Lestari, N. A. (2023). OPTIMASI ASPEK LEGAL SERTIFIKASI
HALAL UMKM. JMM(Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5079. https://doi.org/10.31764/
jmm.v7i5.17436
Fajriah, A. A., & Himawati, D. (2023). Pengaruh Modal Manusia, Orientasi Pasar dan Inovasi
terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung
Padang, Cianjur Jawa Barat. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia,
7(1), 53–64. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.302
Farhan, M., Novriansa, A., Kalsum, U., & Mukhtaruddin, M. (2020). Pengenalan Akuntansi bagi
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir.
Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.
29259/jscs.v1i1.11
Frida, T. (2022). Sejarah Makanan Betawi Kembang Goyang dan Cara Membuatnya. https:
//www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1542120-sejarah-makanan-betawi-kembang
goyang-dan-cara-membuatnya#goog_rewarded
Hamdani, A., Sari, N., & Umuri, K. (2021). Pengaruh kesadaran halal dan sertifikat halal
terhadap minat beli produk kentucky fried chicken (KFC). Al-Buhuts, 17(2), 198–212.
https://doi.org/10.30603/ab.v17i2.2305
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akun
tansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hisyam, M., Yanizon, A., Ramli, R. A., Nasution, H., Angraini, D., Wibowo, E. A., & Ramses,
R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMASARAN DIGITAL: UPAYA MENINGKATKAN
PEMASARAN PRODUK UMKM DI PULAU PANJANG, KELURAHAN SIJANTUNG,
KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM. MINDA BAHARU, 7(2), 351–364. https://doi.org/
10.33373/jmb.v7i2.5818
Huda, M. Q., Hidayah, N. A., & Fetrina, E. (2021). Evaluasi Kesadaran dan Persepsi Generasi
Milenial Terhadap Restoran Bersertifikasi Halal di Indonesia. Halal Research Journal,
1(1), 45–55. https://doi.org/10.12962/j22759970.v1i1.54
Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan
Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan
Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 314–326. https:
//doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237
Maknunah, J., & Prasetyo, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Pemasaran Untuk Menunjang
Promosi UMKM Di Kabupaten Malang. JMM- Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 95.
https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.110
Malahayati, E. N., & Faizah, N. A. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SE
HATI) Skema Self-Declair bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa
Ringinrejo. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 427–434.
https://doi.org/10.54082/jippm.102
Mudian, D., & Prasetiyo, A. F. (2022). MEMBANGUN UMKM DESA RANCAMAHI MELALUI
KARAKTER UNTUK DESA LEBIH MAJU DAN SEJAHTERA. Karunia: Jurnal Hasil
Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 34–41. https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.
180
Muthmainnah. (2022, June). Defenisi, kriteria dan konsep umkm. https://doi.org/10.31219/osf.io/
j85q6
Naim, S., Antesty, S., & Hasibuan, R. P. (2023). MENDUKUNG INOVASI PRODUK DAN
KREATIVITASDALAMBISNISUMKM:PELATIHANPENGEMBANGANPRODUKBERKUAL
ITAS. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 203–214. https:
//doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.132
Nurastuti, P., Dasman, S., Yahya, A., & Wiryawan, T. W. (2022). Pendampingan Implementasi
Manajerial dan Aplikasi Akuntansi UMKM Pada Komunitas UMKM BEKEN di Kabupaten
Bekasi. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 79–82. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.
2188
Nurmasari, N. D., Jazuli, A. M., Nurad, R., & Muthmainna, M. (2023). Peningkatan Online En
gagement Melalui Sosialisasi Pembuatan Video Konten Pemasaran dan Media Promosi
Digital. dst, 3(2), 206–211. https://doi.org/10.47709/dst.v3i2.3229
Putong, L. B., & Wahyudi, K. E. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI
PADA UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(4), 338. https://doi.org/10.31258/jkp.v13i4.
8158
Putra, A. H. (2018). PERANUMKMDALAMPEMBANGUNANDANKESEJAHTERAANMASYARAKAT
KABUPATEN BLORA. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.
18162
Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Pen
ingkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi
Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS : JUR
NAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081
Reta, R., Dahlia, D., Larekeng, H., & Mustaka, Z. D. (2019). Kopi Arabika Kalosi Produk Unggulan
Kabupaten Enrekang. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 564–568.
https://doi.org/10.31258/unricsce.1.564-568
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi
Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.
31002/rep.v4i2.1952
Senimantara, I. N., Riasning, N. P., & Amlayasa, A. A. B. (2023). Pemberdayaan Kewirausahaan
Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Komunitas Usaha Minuman Cendol
Di Desa Peguyangan Denpasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(4), 186
193. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i4.776
Soleha, E., Hidayaty, D. E., Permana, I., & Hidayah, Z. Z. (2024). Pendampingan Manajemen
Bisnis Dan Digital Marketing Bisnis Pada Usaha Bakery “Byfa Cake”. Lentera Pengabdian,
2(01), 88–93. https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.288
Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran
Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3),
307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726
Sulaiman, A. I. (2013). Model komunikasi formal dan informal dalam proses kegiatan pember
dayaan masyarakat. Jurnal Penelitian Komunikasi. https://jpk.komdigi.go.id/index.php/
jpk/article/view/38
Tohir, R., Purnamasari, H., & Aditya, I. (2023). PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEN
DORONG PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI
DESA WISATA (Studi Kasus pada Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey,
Kabupaten Bandung). JURNAL TRIAS POLITIKA, 7(2), 293–310. https://doi.org/10.
33373/jtp.v7i2.5242
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal
Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746
Tyas, W. P., Sianturi, O. O., & H, J. K. P. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM
PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS
RUMAH(HOME-BASED ENTERPRISES/HBE) DI KOTA SEMARANG, SURAKARTA,
BOYOLALI, SALATIGA, DAN SURABAYA. Jurnal Pengembangan Kota, 8(1), 78–89.
https://doi.org/10.14710/jpk.8.1.78-89
Utami, C. B., Hazmi, F., Aulia, R., & Zahro, B. M. (2022). Antecedent of Knowledge, Awareness
and Willingness of SMEs Actors to Register for Halal Self Declare Certification. Iqtishodia:
Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 29–35. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v7i2.846
Utomo, S. B., Dewi, M. A., Sidharta, R. Y., Suprihhadi, H., & In’am Widiarma. (2024). PEN
DAMPINGANLEGALITASDANPERANCANGANEKOSISTEMKOPERASIJASA.PROFI
CIO, 5(2), 51–56. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3366
Wibowo, M. A., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan
Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). Syntax
Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2373. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.
v6i5.2412
Wiradharma, G., Harsasi, M., & Arisanty, M. (2023). KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL
SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM DI
DESA LULUT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas
Terbuka, 2, 209–222. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.714
Zaelani, R., Sujana, H., & Zaky, M. (2022). OPTIMALISASI PERAN PEMERINTAH SEBAGAI
FASILITATOR; KATALISATOR; REGULATORDANPEMAHAMANKEUANGANSYARIAH
DALAMMENGEMBANGKANUMKMDISUKABUMIKOTA.Jurnal Ilmiah Manajemen,
Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 957–972. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2436
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umar Farisal, Dian Nurvita Sari, Raden Nita Rohmatunisa, Eko Purwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.