Kolaborasi Pemerintah Desa dan Akademisi dalam Penguatan UMKMKembangGoyangdi Desa Talagasari Balaraja Kabupaten Tangerang

Authors

  • Umar Farisal Universitas Muhammadiyah Tangerang, Tangerang, Indonesia
  • Dian Nurvita Sari Universitas Muhammadiyah Tangerang, Tangerang, Indonesia
  • Raden Nita Rohmatunisa Universitas Muhammadiyah Tangerang, Tangerang, Indonesia
  • Eko Purwanto Universitas Muhammadiyah Tangerang, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5112

Keywords:

Akademisi, Kolaborasi, Pemerintah Desa, Penguatan UMKM, UMKM Desa

Abstract

 Artikel ini menganlisis upaya penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa
 Talagasari Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang Banten melalui kolaborasi antara akademisi
 dan pemerintah desa. UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian desa, namun mereka
 sering menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan modal, pemasaran, sertifikasi halal, dan
 kapasitas produksi yang rendah. Program ini melibatkan metode empat langkah PR untuk menganalisis
 situasi, merencanakan program, mengimplementasikan solusi, serta mengevaluasi hasilnya. Hasil dari
 kolaborasi ini menunjukkan pentingnya sinergi pemerintah desa dan akademisi dalam menguatkan
 UMKMpedesaan. Pemerintah berkontribusi pada peningkatan kapasitas produksi melalui pemberian
 alat produksi yang lebih besar dan modern, akademisi berkontribusi pada bantuan pendampingan proses
 sertifikasi halal dan pembuatan konten pemasaran yang lebih menarik. Dukungan dari pemerintah dan
 Pendampingan oleh akademisi desa membantu UMKM mengatasi berbagai kendala yang dihadapi
 dan menjadi lebih kompetitif di pasar lokal. Program ini juga menunjukkan pentingnya sinergi antara
 akademisi dan pemerintah desa dalam memberdayakan UMKM sebagai motor penggerak ekonomi lokal.

References

Amal, M. K., Alhidayatullah, A., & Lestari, N. A. (2023). OPTIMASI ASPEK LEGAL SERTIFIKASI

HALAL UMKM. JMM(Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 5079. https://doi.org/10.31764/

jmm.v7i5.17436

Fajriah, A. A., & Himawati, D. (2023). Pengaruh Modal Manusia, Orientasi Pasar dan Inovasi

terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Desa Wisata Situs Cagar Budaya Gunung

Padang, Cianjur Jawa Barat. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia,

7(1), 53–64. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v7i1.302

Farhan, M., Novriansa, A., Kalsum, U., & Mukhtaruddin, M. (2020). Pengenalan Akuntansi bagi

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kota Daro, Kabupaten Ogan Ilir.

Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.

29259/jscs.v1i1.11

Frida, T. (2022). Sejarah Makanan Betawi Kembang Goyang dan Cara Membuatnya. https:

//www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/1542120-sejarah-makanan-betawi-kembang

goyang-dan-cara-membuatnya#goog_rewarded

Hamdani, A., Sari, N., & Umuri, K. (2021). Pengaruh kesadaran halal dan sertifikat halal

terhadap minat beli produk kentucky fried chicken (KFC). Al-Buhuts, 17(2), 198–212.

https://doi.org/10.30603/ab.v17i2.2305

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akun

tansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hisyam, M., Yanizon, A., Ramli, R. A., Nasution, H., Angraini, D., Wibowo, E. A., & Ramses,

R. (2023). PEMANFAATAN MEDIA PEMASARAN DIGITAL: UPAYA MENINGKATKAN

PEMASARAN PRODUK UMKM DI PULAU PANJANG, KELURAHAN SIJANTUNG,

KECAMATAN GALANG, KOTA BATAM. MINDA BAHARU, 7(2), 351–364. https://doi.org/

10.33373/jmb.v7i2.5818

Huda, M. Q., Hidayah, N. A., & Fetrina, E. (2021). Evaluasi Kesadaran dan Persepsi Generasi

Milenial Terhadap Restoran Bersertifikasi Halal di Indonesia. Halal Research Journal,

1(1), 45–55. https://doi.org/10.12962/j22759970.v1i1.54

Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan

Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan

Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 314–326. https:

//doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237

Maknunah, J., & Prasetyo, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Pemasaran Untuk Menunjang

Promosi UMKM Di Kabupaten Malang. JMM- Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 95.

https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.110

Malahayati, E. N., & Faizah, N. A. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal Gratis (SE

HATI) Skema Self-Declair bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa

Ringinrejo. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 427–434.

https://doi.org/10.54082/jippm.102

Mudian, D., & Prasetiyo, A. F. (2022). MEMBANGUN UMKM DESA RANCAMAHI MELALUI

KARAKTER UNTUK DESA LEBIH MAJU DAN SEJAHTERA. Karunia: Jurnal Hasil

Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 34–41. https://doi.org/10.58192/karunia.v1i4.

180

Muthmainnah. (2022, June). Defenisi, kriteria dan konsep umkm. https://doi.org/10.31219/osf.io/

j85q6

Naim, S., Antesty, S., & Hasibuan, R. P. (2023). MENDUKUNG INOVASI PRODUK DAN

KREATIVITASDALAMBISNISUMKM:PELATIHANPENGEMBANGANPRODUKBERKUAL

ITAS. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 203–214. https:

//doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.132

Nurastuti, P., Dasman, S., Yahya, A., & Wiryawan, T. W. (2022). Pendampingan Implementasi

Manajerial dan Aplikasi Akuntansi UMKM Pada Komunitas UMKM BEKEN di Kabupaten

Bekasi. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 79–82. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.

2188

Nurmasari, N. D., Jazuli, A. M., Nurad, R., & Muthmainna, M. (2023). Peningkatan Online En

gagement Melalui Sosialisasi Pembuatan Video Konten Pemasaran dan Media Promosi

Digital. dst, 3(2), 206–211. https://doi.org/10.47709/dst.v3i2.3229

Putong, L. B., & Wahyudi, K. E. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI

PADA UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(4), 338. https://doi.org/10.31258/jkp.v13i4.

8158

Putra, A. H. (2018). PERANUMKMDALAMPEMBANGUNANDANKESEJAHTERAANMASYARAKAT

KABUPATEN BLORA. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.

18162

Rahmah, Z. Z., Rahmah, Y., Purnama, C., Fatmah, D., & Rahmah, M. (2022). Strategi Pen

ingkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi

Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). BUDIMAS : JUR

NAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i1.3081

Reta, R., Dahlia, D., Larekeng, H., & Mustaka, Z. D. (2019). Kopi Arabika Kalosi Produk Unggulan

Kabupaten Enrekang. Unri Conference Series: Community Engagement, 1, 564–568.

https://doi.org/10.31258/unricsce.1.564-568

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi

Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.

31002/rep.v4i2.1952

Senimantara, I. N., Riasning, N. P., & Amlayasa, A. A. B. (2023). Pemberdayaan Kewirausahaan

Dan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Komunitas Usaha Minuman Cendol

Di Desa Peguyangan Denpasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 2(4), 186

193. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i4.776

Soleha, E., Hidayaty, D. E., Permana, I., & Hidayah, Z. Z. (2024). Pendampingan Manajemen

Bisnis Dan Digital Marketing Bisnis Pada Usaha Bakery “Byfa Cake”. Lentera Pengabdian,

2(01), 88–93. https://doi.org/10.59422/lp.v2i01.288

Solihin, D., Ahyani, A., Karolina, K., Pricilla, L., & Octaviani, I. S. (2021). Pelatihan Pemasaran

Online Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Pada Umkm Di Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. DEDIKASI PKM, 2(3),

307. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.10726

Sulaiman, A. I. (2013). Model komunikasi formal dan informal dalam proses kegiatan pember

dayaan masyarakat. Jurnal Penelitian Komunikasi. https://jpk.komdigi.go.id/index.php/

jpk/article/view/38

Tohir, R., Purnamasari, H., & Aditya, I. (2023). PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MEN

DORONG PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI

DESA WISATA (Studi Kasus pada Desa Wisata Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey,

Kabupaten Bandung). JURNAL TRIAS POLITIKA, 7(2), 293–310. https://doi.org/10.

33373/jtp.v7i2.5242

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal

Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Tyas, W. P., Sianturi, O. O., & H, J. K. P. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM

PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS

RUMAH(HOME-BASED ENTERPRISES/HBE) DI KOTA SEMARANG, SURAKARTA,

BOYOLALI, SALATIGA, DAN SURABAYA. Jurnal Pengembangan Kota, 8(1), 78–89.

https://doi.org/10.14710/jpk.8.1.78-89

Utami, C. B., Hazmi, F., Aulia, R., & Zahro, B. M. (2022). Antecedent of Knowledge, Awareness

and Willingness of SMEs Actors to Register for Halal Self Declare Certification. Iqtishodia:

Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 29–35. https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v7i2.846

Utomo, S. B., Dewi, M. A., Sidharta, R. Y., Suprihhadi, H., & In’am Widiarma. (2024). PEN

DAMPINGANLEGALITASDANPERANCANGANEKOSISTEMKOPERASIJASA.PROFI

CIO, 5(2), 51–56. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3366

Wibowo, M. A., & Raharjo, S. T. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan

Bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). Syntax

Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2373. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.

v6i5.2412

Wiradharma, G., Harsasi, M., & Arisanty, M. (2023). KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL

SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN DAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM DI

DESA LULUT. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas

Terbuka, 2, 209–222. https://doi.org/10.33830/prosidingsenmaster.v2i1.714

Zaelani, R., Sujana, H., & Zaky, M. (2022). OPTIMALISASI PERAN PEMERINTAH SEBAGAI

FASILITATOR; KATALISATOR; REGULATORDANPEMAHAMANKEUANGANSYARIAH

DALAMMENGEMBANGKANUMKMDISUKABUMIKOTA.Jurnal Ilmiah Manajemen,

Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 957–972. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2436

Downloads

Published

2025-07-22