Penerapan SNI & Digitalisasi dalam Peningkatan Pendapatan: Studi Kasus pada Pasar Rembiga Kota Mataram

Authors

  • Wahyu Lestari Candra Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Ni Ketut Sriwinarti Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Baiq Dinda Puspita Ayu Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Defel Septian Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Ayu Ambang Lestari Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5098

Keywords:

Digitalisasi, Pasar Tradisional, Pendapatan Pedagang , Revitalisasi Pedagang, Revitalisasi Pasar, Standar Nasional Indonesia (SNI)

Abstract

 Pasar tradisional memiliki peran strategis dalam perekonomian lokal, namun menghadapi
 tantangan akibat persaingan dengan pasar modern serta rendahnya standar pelayanan dan adopsi
 teknologi digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Pasar Rembiga
 Kota Mataram melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2021 dan digitalisasi. Metode
 yang digunakan adalah Community-BasedResearch(CBR)danParticipatory Action Research (PAR) yang
 melibatkan pedagang, pengelola pasar, pemerintah daerah serta akademisi dalam proses revitalisasi
 pasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan SNI mampu meningkatkan kualitas layanan,
 kebersihan serta pengelolaan pasar sedangkan digitalisasi mendorong efisiensi transaksi melalui sistem
 pembayaran non-tunai dan pemasaran daring. Implementasi ini memberikan dampak positif terhadap
 peningkatan jumlah pengunjung dan pendapatan pedagang. Meski demikian, masih terdapat kendala
 dalam hal pemahaman teknologi, keterbatasan modal serta minimnya koordinasi antar pemangku
 kepentingan. Oleh karena itu, pendampingan yang berkelanjutan, peningkatan kapasitas pedagang serta
 dukungan dari pemerintah dan sektor terkait diperlukan untuk memastikan keberlanjutan program ini
 dalam memperkuat perekonomian lokal.

References

Adira Finance. (2024). Alasan Mengapa Pasar Rakyat Tradisional Penting bagi Masyarakat

Indonesia. https://www.adira.co.id/detail_berita2/metalink/1908/alasan-mengapa-pasar

rakyat-tradisional-penting-bagi-masyarakat-indonesia

Ariani, D., & Sihombing, T. (2023). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sei

Sikambing Kota Medan. Jurnal Niara, 16(2), 363–378. https://doi.org/10.31849/niara.

v16i2.16261

Badan Standarisasi Nasional. (2019). Jadikan Penataan Pasar Program Prioritas, Dinas Perda

gangan Kabupaten Bekasi dan BSN Sosialisasikan SNI Pasar Rakyat. https://www.

bsn.go.id/main/berita/detail/10652/jadikan-penataan-pasar-program-prioritas-dinas

perdagangan-kabupaten-bekasi-dan-bsn-sosialisasikan-sni-pasar-rakyat.

Badan Standarisasi Nasional. (2020). SNI Valuasi. Badan Standarisasi Nasional, 17(JANUARI

MARET), 52. http://flipbook.bsn.go.id/books/pxmq/

Ginting, K. P., & Herawati, A. R. (2023). Implementasi Program Revitalisasi Pasar Berdasarkan

Sni 8152: 2021 Pasar Rakyat Di Pasar Johar Semarang. Journal of Public Policy ...,

12(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/38460

Query date: 2025-07-08 10:43:58.

Halida, U. M., & Wilantini, C. (2023). PERAN DIGITALISASI DALAM MEMPERLUAS AKSES

PASAR UMKM. IAIN Madura Press.

Hasbiah, S. (2014, April). REVITALISASI PASAR TRADISIONAL (Meningkatkan Daya Saing

Pasar Tradisional Dalam Perspektif Manajemen Ekonomi Kelembagaan) (M. Hasan &

A. Muslim, Eds.; Vol. 1). carabaca. https://eprints.unm.ac.id/2200/

Juliarta, M. G., & Darsana, I. B. (2016). Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Tradisional

dan Dampaknya Terhadap Pengelolaan Pasar, Jumlah Pengunjung dan Pendapatan

Pedagang | E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi

Pembangunan Universitas Udayana, 5(1), 138–166. Retrieved July 8, 2025, from https:

//ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/17783

Komalasari, P. S. (2023). Transformasi Dunia Pasar Tradisional Menjadi Dunia Bisnis Online

di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 367–375. https://e-journal.

uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1805

Litiloly, C. A., & Urufi, Z. (2023). Identifikasi Pemenuhan Standar Pasar Tadisional Mardika di

Kota Ambon. Prosiding FTSP Series, 435–444. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.

php/ftsp/article/view/1871

Mataram, U., & Kota, P. D. P. (2017). Profil Pasar Rakyat Mataram. Dinas Perdagangan, Kota

Mataram.

Mustaqim, R. N., Atthahara, H., & Aditya, I. (2022). PEMENUHAN PERSYARATANSNI8152:2021

PASAR RAKYAT PADA PASAR KONTEMPORER SARIJADI. NUSANTARA : Jurnal Ilmu

Pengetahuan Sosial, 9(9), 4332–3440. https://doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.4332

3440

Qomariyah, S. (2022). Analisis Pengelolaan Pasar Tradisional Dan Sumber Daya Pedagang

Terhadap Pendapatan Pedagang Pada Pasar Tradisional Boyolangu Kabupaten Tulun

gagung. Otonomi, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2396

Rezki, M., Meidona, S., & Zaki, Z. (2021). ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN PASAR

TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DALAM

PERSPEKTIF EKONOMI DI PADANG PARIAMAN. Jurnal Point Equilibrium Manajemen

dan Akuntansi, 3(1), 34–46. https://doi.org/10.59963/jpema.v3i1.60

Timorria, I. F. (2021, December). Dari 16.175 Pasar Tradisional, yang Sudah SNI Baru 53 Unit.

https://ekonomi.bisnis.com/read/20211208/12/1475409/dari-16175-pasar-tradisional

yang-sudah-sni-baru-53-unit

Downloads

Published

2025-07-22