Penerapan SNI & Digitalisasi dalam Peningkatan Pendapatan: Studi Kasus pada Pasar Rembiga Kota Mataram
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5098Keywords:
Digitalisasi, Pasar Tradisional, Pendapatan Pedagang , Revitalisasi Pedagang, Revitalisasi Pasar, Standar Nasional Indonesia (SNI)Abstract
Pasar tradisional memiliki peran strategis dalam perekonomian lokal, namun menghadapi
tantangan akibat persaingan dengan pasar modern serta rendahnya standar pelayanan dan adopsi
teknologi digital. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing Pasar Rembiga
Kota Mataram melalui penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8152:2021 dan digitalisasi. Metode
yang digunakan adalah Community-BasedResearch(CBR)danParticipatory Action Research (PAR) yang
melibatkan pedagang, pengelola pasar, pemerintah daerah serta akademisi dalam proses revitalisasi
pasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penerapan SNI mampu meningkatkan kualitas layanan,
kebersihan serta pengelolaan pasar sedangkan digitalisasi mendorong efisiensi transaksi melalui sistem
pembayaran non-tunai dan pemasaran daring. Implementasi ini memberikan dampak positif terhadap
peningkatan jumlah pengunjung dan pendapatan pedagang. Meski demikian, masih terdapat kendala
dalam hal pemahaman teknologi, keterbatasan modal serta minimnya koordinasi antar pemangku
kepentingan. Oleh karena itu, pendampingan yang berkelanjutan, peningkatan kapasitas pedagang serta
dukungan dari pemerintah dan sektor terkait diperlukan untuk memastikan keberlanjutan program ini
dalam memperkuat perekonomian lokal.
References
Adira Finance. (2024). Alasan Mengapa Pasar Rakyat Tradisional Penting bagi Masyarakat
Indonesia. https://www.adira.co.id/detail_berita2/metalink/1908/alasan-mengapa-pasar
rakyat-tradisional-penting-bagi-masyarakat-indonesia
Ariani, D., & Sihombing, T. (2023). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sei
Sikambing Kota Medan. Jurnal Niara, 16(2), 363–378. https://doi.org/10.31849/niara.
v16i2.16261
Badan Standarisasi Nasional. (2019). Jadikan Penataan Pasar Program Prioritas, Dinas Perda
gangan Kabupaten Bekasi dan BSN Sosialisasikan SNI Pasar Rakyat. https://www.
bsn.go.id/main/berita/detail/10652/jadikan-penataan-pasar-program-prioritas-dinas
perdagangan-kabupaten-bekasi-dan-bsn-sosialisasikan-sni-pasar-rakyat.
Badan Standarisasi Nasional. (2020). SNI Valuasi. Badan Standarisasi Nasional, 17(JANUARI
MARET), 52. http://flipbook.bsn.go.id/books/pxmq/
Ginting, K. P., & Herawati, A. R. (2023). Implementasi Program Revitalisasi Pasar Berdasarkan
Sni 8152: 2021 Pasar Rakyat Di Pasar Johar Semarang. Journal of Public Policy ...,
12(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/38460
Query date: 2025-07-08 10:43:58.
Halida, U. M., & Wilantini, C. (2023). PERAN DIGITALISASI DALAM MEMPERLUAS AKSES
PASAR UMKM. IAIN Madura Press.
Hasbiah, S. (2014, April). REVITALISASI PASAR TRADISIONAL (Meningkatkan Daya Saing
Pasar Tradisional Dalam Perspektif Manajemen Ekonomi Kelembagaan) (M. Hasan &
A. Muslim, Eds.; Vol. 1). carabaca. https://eprints.unm.ac.id/2200/
Juliarta, M. G., & Darsana, I. B. (2016). Analisis Efektivitas Revitalisasi Pasar Tradisional
dan Dampaknya Terhadap Pengelolaan Pasar, Jumlah Pengunjung dan Pendapatan
Pedagang | E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana. E-Jurnal Ekonomi
Pembangunan Universitas Udayana, 5(1), 138–166. Retrieved July 8, 2025, from https:
//ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/17783
Komalasari, P. S. (2023). Transformasi Dunia Pasar Tradisional Menjadi Dunia Bisnis Online
di Indonesia. Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 367–375. https://e-journal.
uingusdur.ac.id/sahmiyya/article/view/1805
Litiloly, C. A., & Urufi, Z. (2023). Identifikasi Pemenuhan Standar Pasar Tadisional Mardika di
Kota Ambon. Prosiding FTSP Series, 435–444. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.
php/ftsp/article/view/1871
Mataram, U., & Kota, P. D. P. (2017). Profil Pasar Rakyat Mataram. Dinas Perdagangan, Kota
Mataram.
Mustaqim, R. N., Atthahara, H., & Aditya, I. (2022). PEMENUHAN PERSYARATANSNI8152:2021
PASAR RAKYAT PADA PASAR KONTEMPORER SARIJADI. NUSANTARA : Jurnal Ilmu
Pengetahuan Sosial, 9(9), 4332–3440. https://doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.4332
3440
Qomariyah, S. (2022). Analisis Pengelolaan Pasar Tradisional Dan Sumber Daya Pedagang
Terhadap Pendapatan Pedagang Pada Pasar Tradisional Boyolangu Kabupaten Tulun
gagung. Otonomi, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.32503/otonomi.v22i1.2396
Rezki, M., Meidona, S., & Zaki, Z. (2021). ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN PASAR
TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DALAM
PERSPEKTIF EKONOMI DI PADANG PARIAMAN. Jurnal Point Equilibrium Manajemen
dan Akuntansi, 3(1), 34–46. https://doi.org/10.59963/jpema.v3i1.60
Timorria, I. F. (2021, December). Dari 16.175 Pasar Tradisional, yang Sudah SNI Baru 53 Unit.
https://ekonomi.bisnis.com/read/20211208/12/1475409/dari-16175-pasar-tradisional
yang-sudah-sni-baru-53-unit
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Lestari Candra, Ni Ketut Sriwinarti, Baiq Dinda Puspita Ayu, Defel Septian, Ayu Ambang Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.