Peningkatan Keterampilan Anak Melalui Kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK pada Bimbel Ririh Calistung Mataram

Authors

  • Qatrunnada Universitas Bumugora, Mataram, Indonesia
  • Mohamad Yudisa Putrajip Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • I Nyoman Miyarta Yasa Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Ashar Banyu Lazuardi Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • I Gede Anjas Kharisma Nata Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • I Wayan Kusuma Di Biagi Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Siti Soraya Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5097

Keywords:

Keterampilan, Mewarnai, Model ATIK

Abstract

Kegiatan mewarnai merupakan sarana penting untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan konsentrasi anak. Namun, observasi awal di bimbingan belajar menunjukkan masih rendahnya kemampuan anak dalam memilih dan memadukan warna, serta ketidakrapian dalam teknik pewarnaan. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan mewarnai anak melalui penerapan model ATIK (Amati, Tiru, Kerjakan). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kurt Lewin, terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, anak-anak diberi penjelasan teori tanpa contoh konkret, sedangkan siklus kedua menerapkan model ATIK dengan demonstrasi langsung. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada siklus kedua, di mana anak-anak mampu meniru contoh, mengombinasikan warna secara harmonis, dan menghasilkan karya lebih rapi. Analisis refleksi mengungkap bahwa pendampingan berbasis observasi dan peniruan efektif meningkatkan keterampilan teknis, namun perlu diimbangi stimulasi kreativitas agar anak tidak hanya terpaku pada contoh. Kontribusi pengabdian ini dapat meningkatkan keterampilan mewarnai anak, khususnya dalam aspek kreativitas dan ketelitian.

References

Buulolo, P. K., & Atika, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan

Mewarnai Pada Anak UPT SD Negeri 060841, Medan Petisah. Literasi: Jurnal Pengab

dian pada Masyarakat, 3(2), 626–630. https://doi.org/https://doi.org/10.58466/literasi

Febrianti, A., Yuningsih, C. D., Elisa, D. N., & Watini, S. (2023). Implementasi Pembelajaran

Model ATIK di TK Talenta Persada (tech. rep.). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Larasati, L. D., Kurniah, N., & Delrefi.D. (2016). Peningkatan Kreativitas dalam Kegiatan Mewar

nai dengan Menggunakan Model Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 62–66.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/5668

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru [Publisher:

Al-Jamiah Research Centre]. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327.

https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mulyawati, S., Rahayu, A., Saepurohman, a. J., & Watini, S. (2023). Implementasi Model

Atik dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Mencocok Pola

Gambar di Taman Kanak-Kanak (tech. rep.). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Nikmatulloh, N. F., Ulfa, R. A., & Mariana. (2024). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pen

dampingan Kegiatan Mewarnai di TK Dharma Wanita 01 Prajegan. Jurnal Social Science

akademik, 243–252. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/ssa.v0i0.5932

Novakhta, V. S., Sundari, F. S., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning

Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E di SDN

Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02),

1070–1079. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/788/656

Rk, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik

dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 5(2), 628–632. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Robbani, M. F., Yastuti, N., Aisah, A. S., Roslina, N., & Watini, S. (2024). Implementasi Model Atik

dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik di Pos Paud Sedap Malam 16. Jurnal

Syntax Admiration, 5(2), 351–361. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v5i2.1022

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan

Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda [Publisher: Uni

versitas Negeri Gorontalo]. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–135.

https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022

Saadah, N., Khairi, R., Anggraini, M. S., Fajri, Y., Anak, P. P., Dini, U., Tarbiyah, I., & Keguruan, D.

(2023). Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Motorik Halus

Anak Melalui Metode Mewarnai Di Ra An-Nur. 12(1).

Sulistiyowati, N. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN MEWARNAI MELALUI METODE DIS

COVERY LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

(tech. rep.).

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar

pada Anak Taman Kanak-Kanak [Publisher: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai].

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.

31004/obsesi.v5i2.899

Widiantara, D. M., Pradnyana, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2019). Film Dokumenter Permainan

Tradisioanl "Penyu Mataluh". 8. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.

18193

Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan

Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari [Publisher: Univer

sitas Negeri Gorontalo]. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https:

//doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022

Downloads

Published

2025-07-22