Peningkatan Keterampilan Anak Melalui Kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK pada Bimbel Ririh Calistung Mataram
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5097Keywords:
Keterampilan, Mewarnai, Model ATIKAbstract
Kegiatan mewarnai merupakan sarana penting untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, kreativitas, dan konsentrasi anak. Namun, observasi awal di bimbingan belajar menunjukkan masih rendahnya kemampuan anak dalam memilih dan memadukan warna, serta ketidakrapian dalam teknik pewarnaan. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan mewarnai anak melalui penerapan model ATIK (Amati, Tiru, Kerjakan). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kurt Lewin, terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, anak-anak diberi penjelasan teori tanpa contoh konkret, sedangkan siklus kedua menerapkan model ATIK dengan demonstrasi langsung. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada siklus kedua, di mana anak-anak mampu meniru contoh, mengombinasikan warna secara harmonis, dan menghasilkan karya lebih rapi. Analisis refleksi mengungkap bahwa pendampingan berbasis observasi dan peniruan efektif meningkatkan keterampilan teknis, namun perlu diimbangi stimulasi kreativitas agar anak tidak hanya terpaku pada contoh. Kontribusi pengabdian ini dapat meningkatkan keterampilan mewarnai anak, khususnya dalam aspek kreativitas dan ketelitian.
References
Buulolo, P. K., & Atika, T. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan
Mewarnai Pada Anak UPT SD Negeri 060841, Medan Petisah. Literasi: Jurnal Pengab
dian pada Masyarakat, 3(2), 626–630. https://doi.org/https://doi.org/10.58466/literasi
Febrianti, A., Yuningsih, C. D., Elisa, D. N., & Watini, S. (2023). Implementasi Pembelajaran
Model ATIK di TK Talenta Persada (tech. rep.). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Larasati, L. D., Kurniah, N., & Delrefi.D. (2016). Peningkatan Kreativitas dalam Kegiatan Mewar
nai dengan Menggunakan Model Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 62–66.
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/5668
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru [Publisher:
Al-Jamiah Research Centre]. Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327.
https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mulyawati, S., Rahayu, A., Saepurohman, a. J., & Watini, S. (2023). Implementasi Model
Atik dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Mencocok Pola
Gambar di Taman Kanak-Kanak (tech. rep.). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Nikmatulloh, N. F., Ulfa, R. A., & Mariana. (2024). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pen
dampingan Kegiatan Mewarnai di TK Dharma Wanita 01 Prajegan. Jurnal Social Science
akademik, 243–252. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/ssa.v0i0.5932
Novakhta, V. S., Sundari, F. S., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning
Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E di SDN
Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02),
1070–1079. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/788/656
Rk, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik
dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 5(2), 628–632. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Robbani, M. F., Yastuti, N., Aisah, A. S., Roslina, N., & Watini, S. (2024). Implementasi Model Atik
dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik di Pos Paud Sedap Malam 16. Jurnal
Syntax Admiration, 5(2), 351–361. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/jsa.v5i2.1022
Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan
Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda [Publisher: Uni
versitas Negeri Gorontalo]. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–135.
https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022
Saadah, N., Khairi, R., Anggraini, M. S., Fajri, Y., Anak, P. P., Dini, U., Tarbiyah, I., & Keguruan, D.
(2023). Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatkan Motorik Halus
Anak Melalui Metode Mewarnai Di Ra An-Nur. 12(1).
Sulistiyowati, N. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN MEWARNAI MELALUI METODE DIS
COVERY LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
(tech. rep.).
Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar
pada Anak Taman Kanak-Kanak [Publisher: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai].
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.
31004/obsesi.v5i2.899
Widiantara, D. M., Pradnyana, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2019). Film Dokumenter Permainan
Tradisioanl "Penyu Mataluh". 8. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.
18193
Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan
Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari [Publisher: Univer
sitas Negeri Gorontalo]. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https:
//doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qatrunnada, Mohamad Yudisa Putrajip, I Nyoman Miyarta Yasa, Ashar Banyu Lazuardi, I Gede Anjas Kharisma Nata, I Wayan Kusuma Di Biagi, Siti Soraya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.