Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing Limbah Bambu Souvenir Kapal Pinisi Bagi UMKM Kota Langsa

Authors

  • Husaini Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia
  • Uci Dwi Cahya Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia
  • Zulfikri Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5082

Keywords:

Kapal Pinisi, Limbah, Pemasaran, Souvenir, UMKM

Abstract

 Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan promosi dan hasil penjualan UMKM desa
 yang ada di Kota Langsa khususnya UMKM Bina Kreatif Kota Langsa yang memproduksi souvenir
 miniature kapal pinisi sehingga mampu menggali potensi industri dari limbah bambu sebagai bahan
 baku utama yang dimiliki. Pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi promosi berbasis digital
 dengan memanfaatkan web google my business sebagai alat utama pemasaran produk dan pelatihan
 pembuatan akun penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat penjualan dari umkm
 bina kreatif kota langsa yang bergerak di bidang pengolahan limbah bambu menjadi souvenir kapal pinisi.
 Kesimpulan dari pengabdian ini adalah hasil produksi souvenir umkm bina kreatif berupa produk kapal
 pinisi dengan memanfaatkan bambu meningkat hasil penjualan dibandingkan sebelum menggunakan
 media pemasaran berbasis digital, sehingga mempunyai daya tarik dan bernilai ekonomis di pasaran.
 Produk ini ramah lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa khususnya UMKM
 Bina Kreatif Kota Langsa.

References

Cahya, U. D., Muttaqin, M., & Susanto, H. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital

Marketing untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. ADMA: Jurnal Pengabdian dan

Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 247–254.

Cahyantoro, H. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Proses Digital Marketing Untuk

Peningkatan Nilai Jual Di UMKM Kerajinan Bambu. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Indonesia Sejahtera, 2(3), 102–111.

desa, W. (n.d.). Demografi Gampong.

Fahmi, Y. W., & Prabowo, S. (2015). PEMANFAATAN LIMBAH UNTUK PEMBUATAN MINIATUR

KAPAL KAYU DI JMGALLERYMOJOKERTO.Jurnal Pendidikan Seni Rupa., 03(03),

118–122.

Hakimah, Y. (2023). Pemanfaatan Limbah Bambu Sebagai Motivasi Mahasiswa Berwirausaha.

JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 58–61. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i1.

1011

Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2025). Transformasi Digital Marketing untuk UMKM: Studi

Kasus Strategi Penjualan Miniatur Kapal Pinisi di Kabupaten Bulukumba. ASPIRASI:

Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 3(3), 221–227.

Himawati, D., Nurcahyo, B., & Fajriah, A. A. (2024). ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA

SOUVENIR DI DESA KARYAMUKTI KECAMATAN CIANJUR (STUDI KASUS PADA

TOKO SOUVENIR SOVENIR ADITIYA). JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Indonesia), 30(1), 9–16.

Karim, N., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA

MENINGKATKANPENJUALANUMKMPADAMINIATURKAPALPINISIDIKABUPATEN

BULUKUMBA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 643–648.

Mansyur, A., Rajab, A., Jumady, E., Kanto, M., Basir, Z., Anto, A., Mucktar, H., & Saleh, D.

(2023). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Dikalangan Pengrajin Souvenir Dalam

Meningkatkan Kualitas Produk. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2),

170–177.

Matutu, M. H. B. D., Farid, F., & Anisah, A. (2023). Implementasi Digital Marketing Pada

Pemasaran Produk Olahan Bambu Di Desa Kotapulu Kecamatan Dolo. Jumek : Jurnal

Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 120–129.

Nur, A. V., Purwanto, T., Ramadhani, S. A., Vipin, V., Syahdiva, E., Nugroho, A., Alfayyadh, H.,

Ali, M. G. M., Tika, T., Nursepti, N., Sahriswati, S., Handoyo, A., Wijaya, N. A., & Hadana,

M. (2024). SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA

BLIMBING WULUH. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 08(01), 9–16.

Prabowo, N. A., Pratama, I. R., Azizah, C., & Dzakiyullah, N. R. (2022). Pemanfaatan Digital

Marketing Marketplace Dan PengembanganVariasi Kerajinan BambuDi DusunDalangan

Desa Kebonsari Kabupaten Magelang. Bangun Desa: Jurnal Pengabdian Masyarakat,

1(2), 46–50.

Rahmani, A. D., & Murlianti, S. (2024). STRATEGI BERTAHAN UMKM SOUVENIR DI MUSEUM

MULAWARMANTENGGARONGPASCAPANDEMICOVID-19. eJournal Pembangunan

Sosial, 12(4), 132–140.

Suardi, T. H., Zulhajji, Z., & Vitalocca, D. (2024). Pengembangan E-CommerceUMKM Kapal

dan Miniatur Pinisi Sebagai Sarana Pemasaran Pinisi. INTEC Journal: Information

Technology Education Journal, 3(1), 34–38.

Tanjung, D., Azmi, A., Mirwa, T., & Triyanto, T. (2018). ANALISIS NILAI ESTETIS KERAJINAN

MINIATUR KAPAL PADA PENGRAJIN KRIYA ASMIDAR DI MEDAN PERJUANGAN.

Gorga Jurnal Seni Rupa, 7(2), 284–288.

Downloads

Published

2025-07-22