Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing Limbah Bambu Souvenir Kapal Pinisi Bagi UMKM Kota Langsa
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5082Keywords:
Kapal Pinisi, Limbah, Pemasaran, Souvenir, UMKMAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan promosi dan hasil penjualan UMKM desa
yang ada di Kota Langsa khususnya UMKM Bina Kreatif Kota Langsa yang memproduksi souvenir
miniature kapal pinisi sehingga mampu menggali potensi industri dari limbah bambu sebagai bahan
baku utama yang dimiliki. Pengabdian ini menggunakan metode sosialisasi promosi berbasis digital
dengan memanfaatkan web google my business sebagai alat utama pemasaran produk dan pelatihan
pembuatan akun penjualan dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai alat penjualan dari umkm
bina kreatif kota langsa yang bergerak di bidang pengolahan limbah bambu menjadi souvenir kapal pinisi.
Kesimpulan dari pengabdian ini adalah hasil produksi souvenir umkm bina kreatif berupa produk kapal
pinisi dengan memanfaatkan bambu meningkat hasil penjualan dibandingkan sebelum menggunakan
media pemasaran berbasis digital, sehingga mempunyai daya tarik dan bernilai ekonomis di pasaran.
Produk ini ramah lingkungan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat desa khususnya UMKM
Bina Kreatif Kota Langsa.
References
Cahya, U. D., Muttaqin, M., & Susanto, H. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital
Marketing untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. ADMA: Jurnal Pengabdian dan
Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 247–254.
Cahyantoro, H. T. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Proses Digital Marketing Untuk
Peningkatan Nilai Jual Di UMKM Kerajinan Bambu. Jurnal Pengabdian Masyarakat
Indonesia Sejahtera, 2(3), 102–111.
desa, W. (n.d.). Demografi Gampong.
Fahmi, Y. W., & Prabowo, S. (2015). PEMANFAATAN LIMBAH UNTUK PEMBUATAN MINIATUR
KAPAL KAYU DI JMGALLERYMOJOKERTO.Jurnal Pendidikan Seni Rupa., 03(03),
118–122.
Hakimah, Y. (2023). Pemanfaatan Limbah Bambu Sebagai Motivasi Mahasiswa Berwirausaha.
JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 58–61. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i1.
1011
Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2025). Transformasi Digital Marketing untuk UMKM: Studi
Kasus Strategi Penjualan Miniatur Kapal Pinisi di Kabupaten Bulukumba. ASPIRASI:
Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 3(3), 221–227.
Himawati, D., Nurcahyo, B., & Fajriah, A. A. (2024). ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA
SOUVENIR DI DESA KARYAMUKTI KECAMATAN CIANJUR (STUDI KASUS PADA
TOKO SOUVENIR SOVENIR ADITIYA). JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Indonesia), 30(1), 9–16.
Karim, N., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA
MENINGKATKANPENJUALANUMKMPADAMINIATURKAPALPINISIDIKABUPATEN
BULUKUMBA. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 643–648.
Mansyur, A., Rajab, A., Jumady, E., Kanto, M., Basir, Z., Anto, A., Mucktar, H., & Saleh, D.
(2023). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Dikalangan Pengrajin Souvenir Dalam
Meningkatkan Kualitas Produk. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(2),
170–177.
Matutu, M. H. B. D., Farid, F., & Anisah, A. (2023). Implementasi Digital Marketing Pada
Pemasaran Produk Olahan Bambu Di Desa Kotapulu Kecamatan Dolo. Jumek : Jurnal
Manajemen dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 120–129.
Nur, A. V., Purwanto, T., Ramadhani, S. A., Vipin, V., Syahdiva, E., Nugroho, A., Alfayyadh, H.,
Ali, M. G. M., Tika, T., Nursepti, N., Sahriswati, S., Handoyo, A., Wijaya, N. A., & Hadana,
M. (2024). SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA
BLIMBING WULUH. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 08(01), 9–16.
Prabowo, N. A., Pratama, I. R., Azizah, C., & Dzakiyullah, N. R. (2022). Pemanfaatan Digital
Marketing Marketplace Dan PengembanganVariasi Kerajinan BambuDi DusunDalangan
Desa Kebonsari Kabupaten Magelang. Bangun Desa: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
1(2), 46–50.
Rahmani, A. D., & Murlianti, S. (2024). STRATEGI BERTAHAN UMKM SOUVENIR DI MUSEUM
MULAWARMANTENGGARONGPASCAPANDEMICOVID-19. eJournal Pembangunan
Sosial, 12(4), 132–140.
Suardi, T. H., Zulhajji, Z., & Vitalocca, D. (2024). Pengembangan E-CommerceUMKM Kapal
dan Miniatur Pinisi Sebagai Sarana Pemasaran Pinisi. INTEC Journal: Information
Technology Education Journal, 3(1), 34–38.
Tanjung, D., Azmi, A., Mirwa, T., & Triyanto, T. (2018). ANALISIS NILAI ESTETIS KERAJINAN
MINIATUR KAPAL PADA PENGRAJIN KRIYA ASMIDAR DI MEDAN PERJUANGAN.
Gorga Jurnal Seni Rupa, 7(2), 284–288.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Husaini, Uci Dwi Cahya, Zulfikri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.