Optimalisasi Pengelolaan Dan Pemasaran Produk Pupuk Organik Melalui Digitalisasi, Diversifikasi dan Pengembangan Jaringan Distribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Bersama Desa Kolam Deli Serdang

Authors

  • Danny Ajar Baskoro Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Jabal Ahsan Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Rossy Pratiwy Sihombing Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Richna Handriyani Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.5062

Keywords:

BUMDes , Distribusi Produk, Diversifikasi Pupuk, Pemasaran Digital, Pupuk Organik

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
 Karya Bersama Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dengan tujuan
 meningkatkan efisiensi produksi dan daya saing produk pupuk organik yang dikelola oleh mitra. Per
masalahan utamayangdihadapi meliputi rendahnya efisiensi produksi akibat keterbatasan alat, kurangnya
 variasi produk, terbatasnya jangkauan pemasaran, serta lemahnya jaringan distribusi. Untuk mengatasi
 hal tersebut, dilakukan serangkaian kegiatan meliputi pengadaan dan pelatihan penggunaan alat giling
 serbaguna dan alat packing kemasan, pengembangan produk pupuk organik sesuai kebutuhan pasar,
 optimalisasi pemasaran digital melalui media sosial dan marketplace, serta penguatan distribusi melalui
 perekrutan agen dan kerja sama dengan toko pertanian. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh
 indikator keberhasilan tercapai dengan baik. Kapasitas produksi meningkat hingga 30%, diversifikasi
 produk berhasil dilakukan dengan pengemasan dalam ukuran 3–10 kg, jangkauan pasar meluas ke luar
 wilayah desa, dan jaringan distribusi berkembang melalui lima agen baru serta tiga toko mitra. Program
 ini memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kinerja BUMDes dan membuka peluang bagi
 keberlanjutan usaha secara mandiri. Kegiatan ini juga menjadi model yang dapat direplikasi di desa lain
 dengan potensi serupa.

References

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA

MARKETINGPADAPELAKUUMKMGUNAPENINGKATANPENDAPATAN.RESWARA:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.

v3i2.1866

Arman, A., Safuan, L. O., & Hadini, H. (2020). Pengaruh Pupuk Organik Hayati dan Kultivar

terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Padi Gogo (Oryza sativa L.) Lokal Buton

Utara. Berkala Penelitian Agronomi, 8(2), 81. https://doi.org/10.33772/bpa.v8i2.14941

Bhat, N., Albaho, M., Suleiman, M., Thomas, B., George, P., Ali, S. I., Al-Mulla, L., & Lekha, V.

(2013). Fertilizer Formulations and Methods of their Application Influences Vegetative Growth and Productivity in Organic Greenhouse Tomato. Asian Journal of Agricultural

Sciences, 5(4), 67–70. https://doi.org/10.19026/ajas.5.4844

Bima, H. (2020). Pelaksanaan BUMDes Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dan

Pendapatan Asli Desa Di Kecamatan Belo Kabupaten Bima. SOSIOHUMANIORA: Jurnal

Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 44–53. https://doi.org/10.30738/sosio.v6i1.5788

Changalima, I. A., Israel, B., Amani, D., Panga, F. P., Mwaiseje, S. S., Mchopa, A. D., Kazungu,

I., & Ismail, I. J. (2023). Do internet marketing capabilities interact with the effect of

procedural capabilities for public procurement participation on SMEs’ sales performance?

Journal of Public Procurement, 23(3/4), 416–433. https://doi.org/10.1108/JOPP-01

2023-0001

Daadi, B. E., & Latacz-Lohmann, U. (2021). Organic fertilizer use by smallholder farmers:

Typology of management approaches in northern Ghana. Renewable Agriculture and

Food Systems, 36(2), 192–206. https://doi.org/10.1017/S1742170520000228

Erawati, N. M. Y., Suamba, I. K., & Astiti, N. W. S. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA

PUPUK ORGANIK PADAUDDARMAPURIFARMDIDESATANGKAS,KECAMATAN

KLUNGKUNG, KABUPATEN KLUNGKUNG. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Jour

nal Of Agribusiness Management), 6(2), 69. https://doi.org/10.24843/JMA.2018.v06.i02.

p10

Foroudi, P., Gupta, S., Nazarian, A., & Duda, M. (2017). Digital technology and marketing

management capability: Achieving growth in SMEs. Qualitative Market Research: An

International Journal, 20(2), 230–246. https://doi.org/10.1108/QMR-01-2017-0014

Gulo, F., Waruwu, S., Telaumbanua, E., & Harefa, P. (2024). Analisis Pemanfaatan Sumber Daya

Manusia Dalam Pengelolaan Dan Pengembangan BUMDes Fa’omasi Desa Bukit Tinggi

Kecamatan Ulumoro’o Kabupaten Nias Barat. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu

Sosial, Politik, dan Humaniora, 8(2), 704. https://doi.org/10.31604/jim.v8i2.2024.718-723

Hanafie, H., Nugraha, A., & Huda, M. (2022). Eksistensi BUMDes dalam Upaya Meningkatkan

Pendapatan Asli Desa (PAD) dan Penguatan Ekonomi Desa di Kecamatan Susukan,

Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Transparansi : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi,

5(1), 52–61. https://doi.org/10.31334/transparansi.v5i1.1793

Herdiman, L., Azizah, N. N., Adynata, I., Mahendra, N. F., Rihhadatuluisy, N. A., Haq, M. H. H.,

Murtinanda, F., Rahmadani, D., Syafira, W., Cahyanti, F. M., & Rahmah, F. N. (2022).

Sosialisasi Pelatihan dan Digitalisasi dalam Usaha Peningkatan UMKM di Desa Trayu.

JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4823–4829. https://doi.org/10.54371/jiip.

v5i11.1096

Hidayat, A. S., Suciati, L. P., & Sudarko, S. (2023). Strategi Pengembangan Pupuk Organik

Berbasis Limbah Ternak dan Limbah Pertanian di Kabupaten Jember. Jurnal Agribest,

7(1), 40–53. https://doi.org/10.32528/agribest.v7i1.9309 Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi per

saingan dagangselamapandemiCovid-19.Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat,

17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129

Latif, N., Sulistiyawan, E., Waryanto, R. B. D., Sugijanto, S., & Istikhoroh, S. (2020). Pengelolaan

Pemasaran Online UMKM Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru Desa Banjarsari Ke

camatan Manyar Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat,

1(2), 136–143. https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.1.2.3031

Malesev, S., & Cherry, M. (2021). Digital and Social Media Marketing- Growing Market Share

for Construction SMEs. Construction Economics and Building, 21(1). https://doi.org/10.

5130/AJCEB.v21i1.7521

McIntyre, A. (2008). Participatory Action Research. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.

4135/9781483385679

Naswir, N., Hasman, E., & Irwan, A. (2019). Rotary Electrical Controlled Drum Dryer for Organic

Fertilizer Production. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 3(2), 320

327. https://doi.org/10.32530/jaast.v3i2.104

Nelliyana, N., & Gani, R. A. (2022). DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA

MILIK DESA DI DESAKEUTAPANG,KABUPATENPIDIE.Jurnal Real Riset, 4(1), 20–28.

https://doi.org/10.47647/jrr.v4i1.546

Pattisahusiwa, S., Rahmadi, B. R., Sari, A. N. Z., & Lenjau, S. L. (2024). Penerapan dan

Pemanfaatan Platform Digital dalam Rangka Peningkatan Daya Saing UMKM Desa

Lekaq Kidau. Jurnal Abdita Naturafarm, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.70392/jan.v1i2.

5460

Perdana, T., Utami, H. N., Sadeli, A. H., & Hermiatin, F. R. (2019). Small-Scale Farmer Prefer

ences: Exploring the Gap Towards Product Attributes of Local and Imported Fertilizers.

International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology,

9(2), 502–510. https://doi.org/10.18517/ijaseit.9.2.7702

Prasetyo, P., Prasetyo, E., & Mukson, M. (2018). ANALISIS KELAYAKAN USAHA PRODUKSI

PUPUKPADAKELOMPOKUSAHAPENGOLAHANPUPUKORGANIKDIKABUPATEN

PURWOREJO. Jurnal Kesejahteraan Sosial, 3(01). https://doi.org/10.31326/jks.v3i01.

165

Pribadi, F. K., Yulianti, R., & Yusron, A. (2023). Peran Badan Usaha Milik Desa (BumDes)

dalam Mendukung Pemberdayaan Masyarakat Desa. Parjhuga : Jurnal Penelitian dan

Pengembangan Daerah, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i1.5

Rahayuningsih, Y., Budiarto, S., & Isminingsih, S. (2019). PERAN BUMDES DALAM PEN

GUATAN EKONOMI DESA SUKARATU KABUPATEN SERANG, BANTEN. Jurnal Kebi

jakan Pembangunan Daerah, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.37950/jkpd.v3i2.63 Rahmi, R., Hamid, E., & Yanita, M. (2023). PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes)

DALAMMENINGKATKANPENDAPATANASLIDESA(PADes)DIKECAMATANTEBING

TINGGI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT: PERAN BADAN USAHA MILIK

DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) DI

KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. Jurnal Ilmiah

Sosio-Ekonomika Bisnis, 25(02), 38–45. https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i02.19324

Ramadhan, T. S., Primanto, A. B., & Normaladewi, A. (2024). OPTIMALISASI STRATEGI

DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DALAM MENINGKATKAN POTENSI EKONOMI

DESA. Jurnal Abdi Insani, 11(4), 1603–1611. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v11i4.

1944

Ridwansyah, M., Hastuti, D., Heriberta, H., Syaparuddin, S., & Emilia, E. (2021). Penguatan

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Berbagai

Fasilitas Digital. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 39–48. https:

//doi.org/10.53867/jpm.v1i2.30

Roy, A., & Basu, S. (2020). Determinants of Livelihood Diversification Under Environmental

Changein Coastal Community of Bangladesh. Asia-Pacific Journal of Rural Development,

30(1-2), 7–26. https://doi.org/10.1177/1018529120946159

Silvianita, A., Ahmad, M., Rubiyanti, N., Alfanur, F., Pradana, M., Hendayani, R., Rachmawati, I.,

Pradana, M., Fakhri, M., Yunani, A., Dewi Kumalasari, A., Zahid, A., Bin Abu Sujak,

A. F., Raja Razali, R. R., & Mangsor, M. (2023). PENGUATAN KAPASITAS BADAN

USAHAMILIK DESA(BUMDES)UNTUKMENGOPTIMALKANPOTENSIDESADALAM

RANGKA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN POTENSI DESA DI KABUPATEN

TASIKMALAYA. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa

dan Masyarakat, 4(2), 105. https://doi.org/10.24198/sawala.v4i2.50394

Suparjiman, S., Fitriani, I. D., Pratama, A., Quthb, A. N., Fadhlurrahman, F., Iwan, F. S. D.,

Hisyam, R. A. M., Rani, R., Dibba, R., Mustika, S. T., Hidyan, S. L., & Hunafa, Z. D. (2024).

Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon.

BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.810

Tjahyadi, R. A., Maharsi, A. R., Kuswoyo, C., Magdalena, N., Kristiawan, A. K., Aprillia, A.,

Lu, C., Imasari, K., Aribowo, A., Kurniawati, K., Abednego, F., Gunawan, I., Nurbasari,

A., Harianti, A., Malinda, M., Nur, N., Suwarno, H. L., Margaretha, Y., Vinsensius, V.,

. . . Alanarima, A. E. (2019). Optimalisasi Program Pemasaran Bagi Pelaku Usaha

Agrowisata Stroberi. PATRIA, 1(2), 107. https://doi.org/10.24167/patria.v1i2.2304

Trianti, K., Febriyanto, D., & Abidin, Z. (2021). Budidaya Sayuran Organik di Lahan Sempit

Saat Pandemi Covid-19 Sebagai Peningkatan Ketahanan Pangan. Jurnal Pembelajaran

Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(4), 265. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i4.8754

Vogrinc, J., & Krek, J. (2011). Action research for improving educational practice. Didactica

Slovenica–Pedagoška obzorja, 26(3), 61–75.

Yamani, A. Z., Nofrizaldi, N., & Prabowo, W. (2021). E-COMMERCE SEBAGAI PEMAKSI

MALAN PENJUALAN PRODUK USAHA UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN

WIRAUSAHA MASYARAKAT DESASAWANGANSELAMAMASANEWNORMAL.J

ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(6), 1187–1194. https://doi.org/10.53625/

jabdi.v1i6.444

Yulian, D. I. R. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) "Maju Bersama" Dalam

PengembanganEkonomidi DesaTunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang,

Provinsi Jawa Timur. JOURNAL OF ECONOMICANDSOCIALEMPOWERMENT,2(01),

114–124. https://doi.org/10.22219/joesment.v2i01.19164

Yuniarti, T., Faujiyah, F., Rizal, M. A., & Bani, F. C. D. (2022). Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya

Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta

Selatan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat),

2(2), 121–126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202

Zhang, X., & Wang, G.(2023, May). Experiment of rolling friction characteristic of organic fertilizer

particle based on high-speed photography. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-2871618/v1

Downloads

Published

2025-07-22