Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Melalui Penguatan Kompetensi Numerasi dan Tuntutan Membelajarkan Numerasi Lintas Mata Pelajaran di SD Inpres Sero

Authors

  • Bobby Poerwanto Universitas Cokroaminoto Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-0792-9122
  • Aswi Aswi Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Fajar Arwadi Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.4912

Keywords:

Alat peraga matematika, Capaian pembelajaran, Numerasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi numerasi guru sehingga guru dapat mengajarkan numerasi pada lintas mata pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SDI Sero dengan peserta yang terdiri dari para guru berjumlah 16 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 14 September 2024 dengan menghadirkan 3 narasumber dari Universitas Negeri Makassar. Narasumber pertama membahas terkait pentingnya numerasi dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari, narasumber kedua berfokus pada identifikasi capaian pembelajaran sehingga memungkinkan integrasi numerasi pada lintas mata pelajaran. Terkahir, narasumber memberikan materi terkait pentingnya alat peraga numerasi untuk menstimulasi siswa agar cepat memahami numerasi. Setelah pelaksanaan kegiatan, berdasarkan wawancara, observasi dan tes yang dilakukan terdapat perubahan pada peserta pelatihan yaitu sekarang guru sudah dapat memuat kompetensi numerasi dalam mata pelajaran berdasarkan capaian pembelajarannya dimana sebelumnya mereka belum memahami. Selain itu, peningkatan pengetahuan numerasi juga terlihat dari penyelesaian modul ajar dimana sebelum pelatihan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 55 menjadi 83 ketika selesai pelatihan. Untuk kepuasan, dapat disimpulan bahwa para peserta sangat puas dan merasa materi ini penting dan sesuai untuk kebutuhan sekolah

References

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic

Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal,

13(4), 42–78. https://eric.ed.gov/?id=EJ1332353

Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi dan hasil belajar statistika menggunakan multimedia

pembelajaran Program Studi Teknik Informatika UNCP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan

Matematika, 2(2), 59–152.

Aswi, A., Poerwanto, B., & Fakhri, M. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui

Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA :Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.

30812/adma.v4i2.3351

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi

Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA:

Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/

article/view/121

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). PENINGKATAN

KEMAMPUANLITERASI DAN NUMERASISISWADISDN2GOMBANGTULUNGA

GUNG. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38. https://doi.org/10.25273/

dedukasi.v2i1.12670

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab

Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,

5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebu

dayaan.

Kristyanto, D. (2020). LITERASI DATA DANTANTANGANINDUSTRIALISASI4.0BAGIMASYARAKAT

PESISIR DI INDONESIA. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS),

3(2), 188–205. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.979

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN

MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1),

69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). STUDI LITERASI MATEMATIS. ALGO

RITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://journal.uinjkt.ac.id/

index.php/algoritma/article/view/20479

Poerwanto, B. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGU

NAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA

KELAS VIII 6 SMP NEGERI 17 MAKASSAR. Jurnal D’Computare, 12–22.

Poerwanto, B., Arwadi, F., & Samad, M. A. (2024). Pemberdayaan Guru SD melalui Pelatihan

Literasi Numerasi dan Pembuatan Alat Peraga Numerasi. ADMA : Jurnal Pengabdian

dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 451–462. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3356

Poerwanto, B., & Ismail, A. (2022). PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru. MATAPPA:

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 457–463. https://doi.org/10.31100/matappa.

v5i3.2215

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI

NUMERASI DI MASA PANDEMI COV-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1),

253–261. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/

view/1673 Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi

pembelajaran untuk peningkatan kompetensi literasi dan numerasi. Direktorat Guru

Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2025-07-22