Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Melalui Penguatan Kompetensi Numerasi dan Tuntutan Membelajarkan Numerasi Lintas Mata Pelajaran di SD Inpres Sero
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.4912Keywords:
Alat peraga matematika, Capaian pembelajaran, NumerasiAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi numerasi guru sehingga guru dapat mengajarkan numerasi pada lintas mata pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan di SDI Sero dengan peserta yang terdiri dari para guru berjumlah 16 orang. Pelaksanaan kegiatan dilakukan pada tanggal 14 September 2024 dengan menghadirkan 3 narasumber dari Universitas Negeri Makassar. Narasumber pertama membahas terkait pentingnya numerasi dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari, narasumber kedua berfokus pada identifikasi capaian pembelajaran sehingga memungkinkan integrasi numerasi pada lintas mata pelajaran. Terkahir, narasumber memberikan materi terkait pentingnya alat peraga numerasi untuk menstimulasi siswa agar cepat memahami numerasi. Setelah pelaksanaan kegiatan, berdasarkan wawancara, observasi dan tes yang dilakukan terdapat perubahan pada peserta pelatihan yaitu sekarang guru sudah dapat memuat kompetensi numerasi dalam mata pelajaran berdasarkan capaian pembelajarannya dimana sebelumnya mereka belum memahami. Selain itu, peningkatan pengetahuan numerasi juga terlihat dari penyelesaian modul ajar dimana sebelum pelatihan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 55 menjadi 83 ketika selesai pelatihan. Untuk kepuasan, dapat disimpulan bahwa para peserta sangat puas dan merasa materi ini penting dan sesuai untuk kebutuhan sekolah
References
Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic
Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal,
13(4), 42–78. https://eric.ed.gov/?id=EJ1332353
Ali, B., & Poerwanto, B. (2017). Motivasi dan hasil belajar statistika menggunakan multimedia
pembelajaran Program Studi Teknik Informatika UNCP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan
Matematika, 2(2), 59–152.
Aswi, A., Poerwanto, B., & Fakhri, M. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui
Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA :Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.
30812/adma.v4i2.3351
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi
Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA:
Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/
article/view/121
Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). PENINGKATAN
KEMAMPUANLITERASI DAN NUMERASISISWADISDN2GOMBANGTULUNGA
GUNG. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38. https://doi.org/10.25273/
dedukasi.v2i1.12670
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab
Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,
5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebu
dayaan.
Kristyanto, D. (2020). LITERASI DATA DANTANTANGANINDUSTRIALISASI4.0BAGIMASYARAKAT
PESISIR DI INDONESIA. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS),
3(2), 188–205. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i2.979
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMECAHAN
MASALAH TIDAK TERSTRUKTUR. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1),
69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). STUDI LITERASI MATEMATIS. ALGO
RITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83–100. https://journal.uinjkt.ac.id/
index.php/algoritma/article/view/20479
Poerwanto, B. (2015). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGU
NAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA SISWA
KELAS VIII 6 SMP NEGERI 17 MAKASSAR. Jurnal D’Computare, 12–22.
Poerwanto, B., Arwadi, F., & Samad, M. A. (2024). Pemberdayaan Guru SD melalui Pelatihan
Literasi Numerasi dan Pembuatan Alat Peraga Numerasi. ADMA : Jurnal Pengabdian
dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 451–462. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3356
Poerwanto, B., & Ismail, A. (2022). PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru. MATAPPA:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 457–463. https://doi.org/10.31100/matappa.
v5i3.2215
Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). PROFIL KEMAMPUAN LITERASI
NUMERASI DI MASA PANDEMI COV-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1),
253–261. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/
view/1673 Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi
pembelajaran untuk peningkatan kompetensi literasi dan numerasi. Direktorat Guru
Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bobby Poerwanto, Aswi Aswi, Fajar Arwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.