Transformasi Desa Nyitdah Menuju Mandiri Digital Dengan Literasi Digital Pada Masyarakat

Authors

  • Komang Budiarta Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar, Indonesia
  • Ricky Aurelius Nurtanto Diaz Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar, Indonesia
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar, Indonesia
  • Ni Wayan Cahya Ayu Pratami Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar, Indonesia
  • Komang Aryawira Suputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.4857

Keywords:

Desa, Digital, Inovasi, Literasi, Nyitdah

Abstract

Desa Nyitdah memiliki sebaran penduduk desa ini hampir merata antara jumlah penduduk Laki-laki dan perempuan. Dari sumber data yang sama juga, diperoleh kategori kelompok masyarakat berdasarkan jenis pekerjaannya, dimana empat kelompok terbesar dimiliki oleh kelompok pelajar, wiraswasta, karyawan swasta dan juga kelompok yang tidak bekerja. Dalam dunia digital, kelompok-kelompok inilah yang merupakan kelompok yang dekat dengan teknologi, namun juga cukup rentan terhadap masalah yang akan ditimbulkan jika tidak memiliki pengetahuan akan perkembangan teknologi yang sesuai.  Tujuan pelaksanaan kegiatan Transformasi Desa Nyitdah melalui Pojok Digital adalah untuk mendorong kemandirian desa di era digital dengan meningkatkan literasi teknologi dan kapasitas sumber daya manusia melalui inovasi digital yang tepat guna. Fokus pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan ini adalah mampu memanfaatkan teknologi digital lebih optimal, menciptakan ekosistem digital yang mendukung pengembangan potensi lokal, serta meningkatkan kemampuan masyarakat secara berkelanjutan di bidang teknologi digital khususnya di Desa Nyitdah.

References

Aswi, A., Poewanto, B., & Fakhri, M. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui

Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA :Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.

30812/adma.v4i2.3351

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi

Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan

Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/

10.31004/jptam.v7i3.12179

Febriana, W., Sumadewa, I. N. Y., Satria, C., Hasbullah, H., & Cahyadi, I. (2024). Pembu

atan Desain Kemasan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Strategi Virtual

Marketing. ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 509–522.

https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3263

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Dokumen Peren

canaan Desa Hadipolo Menggunakan Aplikasi Perkantoran Merujuk pada Undang

Undang Nomor 6 Tahun 2014. E-Dimas, 13(2), 233–236. https://doi.org/10.26877/e

dimas.v13i2.4218

Isnaini, K., & Widodo, W. (2022). Literasi Digital Bagi Komunitas Digital Marketer Purwokerto

dalam Upaya Mencegah Ancaman Keamanan Data di Dunia Siber. SELAPARANG:

Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1795. https://doi.org/10.31764/jpmb.

v6i4.10764

Megaputra, G. M., Diaz, R. A. N., & Ulandari, N. W. A. (2024). Perancangan Keamanan

Jaringan Menggunakan Honeypot Pada UPTD Pengendalian Bencana BPBD Provinsi

Bali. Seminar Hasil Penelitian Informatika dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi

dan Bisnis STIKOM Bali, 90–95.

Muhallim, M., Paembonan, S., & Abduh, H. (2024). Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk

Meningkatkan Produktivitas Karang Taruna Desa Mawa di Era Digital. TENANG :

Teknologi, Edukasi, dan Pengabdian Multidisiplin Nusantara Gemilang, 1(2), 64–71.

Mustopa, A., Muhammad Fahmi Julianto, Muhammad Iqbal, Rabiatus Sa’adah, & Umi Khultsum.

(2023). Pentingnya Penerapan Literasi Digital dalam Penggunaan Teknologi pada Pondok

Asuhan dan Pendidikan Yatim Piatu Dhuafa Al-Adabiy Pontianak. Jurnal Penelitian dan

Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.94

Purhita, E. J., Nugroho, S., Widiastuti, S., Zainudin, A., Ayyub H.B.N.MS, & Fitrianto, Y. (2023).

Peningkatan Kapasitas SDM dalam Memahami Pentingnya Branding & Packaging

Produk UMKM Desa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4455

4462.

Salsabila, A. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Pentingnya Literasi di Era Digital dalam

Menghadapi Hoaks di Media Sosial. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa,

3(1), 45–54. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1775

Sentoso, A., Octavia, O., Wulandari, A., Jacky, J., Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya

Literasi Dalam Era Digital bagi Masa Depan Bangsa. National Conference for Community

Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776.

Sigit, H. T., Harsiti, H., Setyawan, A., Ahmad Kautsar, A., Ruby Ramadhan, M., & Hidayat, T.

(2023). Peningkatan Skill Pekerja Melalui Program Optimalisasi Aplikasi Perkantoran

Bagi Pengurus Cabang FSP KEP SPSI Guna Mendukung Tata Kelola Administrasi.

J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 152–158. https://doi.org/10.25047/j

dinamika.v8i1.3644

Susanto, E., Antira, L., Kevin, K., Stanzah, E., & Majid, A. A. (2023). Manajemen Keamanan

Cyber di Era Digital. Journal of Business And Entrepreneurship, 11(1), 23–33. https:

//doi.org/10.46273/jobe.v11i1.365

Suwirmayanti, N. L. G. P., Sudarsana, I. M., Diaz, R. A. N., Pramana, D., Budiarta, K., Hendayanti,

N. P. N., & Permana, P. A. G. (2024). Peningkatan Branding dan Penguatan Strategi Pro

mosi Usaha serta Manajemen Keuangan pada Skinsations Facial Studio. WIDYABHAKTI

Jurnal Ilmiah Populer, 6(2), 47–54. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.403

Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Wahyuni, M. J. R. B., & Harditya, A. (2021). Strategi

Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui

UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 1(1), 21–33.

https://doi.org/10.35806/jcsse.v1i1.166

Downloads

Published

2025-07-22