Transformasi Desa Nyitdah Menuju Mandiri Digital Dengan Literasi Digital Pada Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.4857Keywords:
Desa, Digital, Inovasi, Literasi, NyitdahAbstract
Desa Nyitdah memiliki sebaran penduduk desa ini hampir merata antara jumlah penduduk Laki-laki dan perempuan. Dari sumber data yang sama juga, diperoleh kategori kelompok masyarakat berdasarkan jenis pekerjaannya, dimana empat kelompok terbesar dimiliki oleh kelompok pelajar, wiraswasta, karyawan swasta dan juga kelompok yang tidak bekerja. Dalam dunia digital, kelompok-kelompok inilah yang merupakan kelompok yang dekat dengan teknologi, namun juga cukup rentan terhadap masalah yang akan ditimbulkan jika tidak memiliki pengetahuan akan perkembangan teknologi yang sesuai. Tujuan pelaksanaan kegiatan Transformasi Desa Nyitdah melalui Pojok Digital adalah untuk mendorong kemandirian desa di era digital dengan meningkatkan literasi teknologi dan kapasitas sumber daya manusia melalui inovasi digital yang tepat guna. Fokus pengabdian kepada masyarakat dalam kegiatan ini adalah mampu memanfaatkan teknologi digital lebih optimal, menciptakan ekosistem digital yang mendukung pengembangan potensi lokal, serta meningkatkan kemampuan masyarakat secara berkelanjutan di bidang teknologi digital khususnya di Desa Nyitdah.
References
Aswi, A., Poewanto, B., & Fakhri, M. M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui
Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA :Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 441–450. https://doi.org/10.
30812/adma.v4i2.3351
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital: Pentingnya Literasi
Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan
Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/
10.31004/jptam.v7i3.12179
Febriana, W., Sumadewa, I. N. Y., Satria, C., Hasbullah, H., & Cahyadi, I. (2024). Pembu
atan Desain Kemasan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah Melalui Strategi Virtual
Marketing. ADMA : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 509–522.
https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3263
Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2022). Pendampingan Pembuatan Dokumen Peren
canaan Desa Hadipolo Menggunakan Aplikasi Perkantoran Merujuk pada Undang
Undang Nomor 6 Tahun 2014. E-Dimas, 13(2), 233–236. https://doi.org/10.26877/e
dimas.v13i2.4218
Isnaini, K., & Widodo, W. (2022). Literasi Digital Bagi Komunitas Digital Marketer Purwokerto
dalam Upaya Mencegah Ancaman Keamanan Data di Dunia Siber. SELAPARANG:
Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1795. https://doi.org/10.31764/jpmb.
v6i4.10764
Megaputra, G. M., Diaz, R. A. N., & Ulandari, N. W. A. (2024). Perancangan Keamanan
Jaringan Menggunakan Honeypot Pada UPTD Pengendalian Bencana BPBD Provinsi
Bali. Seminar Hasil Penelitian Informatika dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi
dan Bisnis STIKOM Bali, 90–95.
Muhallim, M., Paembonan, S., & Abduh, H. (2024). Pelatihan Aplikasi Perkantoran untuk
Meningkatkan Produktivitas Karang Taruna Desa Mawa di Era Digital. TENANG :
Teknologi, Edukasi, dan Pengabdian Multidisiplin Nusantara Gemilang, 1(2), 64–71.
Mustopa, A., Muhammad Fahmi Julianto, Muhammad Iqbal, Rabiatus Sa’adah, & Umi Khultsum.
(2023). Pentingnya Penerapan Literasi Digital dalam Penggunaan Teknologi pada Pondok
Asuhan dan Pendidikan Yatim Piatu Dhuafa Al-Adabiy Pontianak. Jurnal Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat Jotika, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.56445/jppmj.v3i1.94
Purhita, E. J., Nugroho, S., Widiastuti, S., Zainudin, A., Ayyub H.B.N.MS, & Fitrianto, Y. (2023).
Peningkatan Kapasitas SDM dalam Memahami Pentingnya Branding & Packaging
Produk UMKM Desa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 4455
4462.
Salsabila, A. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2023). Pentingnya Literasi di Era Digital dalam
Menghadapi Hoaks di Media Sosial. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa,
3(1), 45–54. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1775
Sentoso, A., Octavia, O., Wulandari, A., Jacky, J., Kurniawan, S., & Thieng, S. (2021). Pentingnya
Literasi Dalam Era Digital bagi Masa Depan Bangsa. National Conference for Community
Service Project (NaCosPro), 3(1), 767–776.
Sigit, H. T., Harsiti, H., Setyawan, A., Ahmad Kautsar, A., Ruby Ramadhan, M., & Hidayat, T.
(2023). Peningkatan Skill Pekerja Melalui Program Optimalisasi Aplikasi Perkantoran
Bagi Pengurus Cabang FSP KEP SPSI Guna Mendukung Tata Kelola Administrasi.
J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 152–158. https://doi.org/10.25047/j
dinamika.v8i1.3644
Susanto, E., Antira, L., Kevin, K., Stanzah, E., & Majid, A. A. (2023). Manajemen Keamanan
Cyber di Era Digital. Journal of Business And Entrepreneurship, 11(1), 23–33. https:
//doi.org/10.46273/jobe.v11i1.365
Suwirmayanti, N. L. G. P., Sudarsana, I. M., Diaz, R. A. N., Pramana, D., Budiarta, K., Hendayanti,
N. P. N., & Permana, P. A. G. (2024). Peningkatan Branding dan Penguatan Strategi Pro
mosi Usaha serta Manajemen Keuangan pada Skinsations Facial Studio. WIDYABHAKTI
Jurnal Ilmiah Populer, 6(2), 47–54. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v6i2.403
Tjhin, S., Matahari, T., Arsyadi, R., Wahyuni, M. J. R. B., & Harditya, A. (2021). Strategi
Branding: Peran Media Sosial dalam Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui
UKM. Journal of Community Services: Sustainability and Empowerment, 1(1), 21–33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Komang Budiarta, RICKY AURELIUS NURTANTO DIAZ, Dian Pramana, Ni Wayan Cahya Ayu Pratami, Komang Aryawira Suputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.