Sosialisasi Pemanfaatan Google Marketing Business (GMB) Bagi Pengusaha Dimsum dan Nuget Kepiting Bakau di Desa Bayeun Geutanyoe Kabupaten Aceh Timur

Authors

  • Uci Dwi Cahya Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia
  • Syarifah Yusra Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia
  • Wiwin Apriani Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia
  • Husaini Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30812/adma.v6i1.4632

Keywords:

Dimsum, GMB, Kepiting Bakau, Nuget , UMKM

Abstract

Google My Bisnis adalah aplikasi yang menggunakan Gmail untuk mempromosikan atau
 menjual hasil bisnis. Adapun tujuan dari pengabdian ini yaitu memanfaatkan aplikasi digital berupa GMB
 sebagai alat pemasaran untuk promosi dan pemasaran produk yang akan meningkatkan pendapatan
 ekonomi bagi pengusaha. Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode sosialisasi, pelatihan dan evaluasi,
 dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang terdiri dari ibu-ibu kelompok Desa Bayeun Geutanyoe
 Kabupaten Aceh Timur. Kesimpulan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan GMB yang dilakukan adalah
 sosialisasi dan pelatihan GMB ini dapat memberikan informasi kepada kelompok desa Bayeun Geutanyoe
 agar dapat mengimplementasikan Google Business untuk mempromosikan dan menjual produk yang
 dihasilkan berupa nuget dan dimsum. Sehingga pelatihan menggunakan Google Bisnisku ini mampu
 meningkatkan target penjualan produk nuget dan dimsum sehingga dapat meningkatkan perekonomian
 kelompok dan juga masyarakat desa Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur.

References

Cahya, U. D., Susanto, H., & Muttaqin, M. (2024). Kreativitas Limbah Rumah Tangga Melalui

Google My Business Bagi UMKM Desa. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat,

1(2).

Hafsah, H., Handayani, S., Bismala, L., & Saragih, S. A. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN

MAKANAN OLAHAN UNTUK MENCIPTAKAN IDE BISNIS. JURNAL PENGABDIAN

KEPADA MASYARAKAT, 30(1), 1–4. https://doi.org/10.24114/jpkm.v30i1.48926

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro,

Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian

Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Mahmud, I., & Septianna, E. W. (2024). Pelatihan Pembuatan Google My Business Pada

Pemilik Usaha Kedai Nyihah Penerima PMW (Program Mahasiswa Wirausaha). Jurnal

Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 3(2), 48–59. https://doi.org/10.57119/abdimas.

v3i2.121

Maula, J. A. (2022). PEDAMPINGANPEMANFAATANDIGITALMARKETINGMELALUIGOOGLE

BUSINESSPADAUMKMKELURAHANKERTAJAYA.JurnalPengabdianKepadaMasyarakat

Patikala, 2(1), 442–447. https://doi.org/10.51574/patikala.v2i1.500

Menarianti, I., Akbar, S. S., Khoiry, I. A., Saptaningrum, E., & Amelia, D. R. (2024). Pelatihan

Promosi dan Pemasaran UMKM Melalui Platform E-Commerce di Kelurahan Bugangan,

Semarang. Transformasi Masyarakat : Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian, 1(4), 175

183. https://doi.org/10.62383/transformasi.v1i4.743

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Salsabila, Muniroh,

T. U., Riandani, R., Muliyani, E., Yasshyka, A., Listiana, A. P., & Indah, S. R. (2022).

Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada

UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828–839.

https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/451

Rambe, A., Soufitri, F., & Ruziq, F. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai

Media Promosi dan Pemasaran Di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat Sumatera

Utara. Mejuajua: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(3), 40–48. https://doi.org/10.

52622/mejuajuajabdimas.v1i3.38

Susanto, H., Muttaqin, M., & Cahya, U. D. (2024). Memanfaatkan Limbah Coco Fiber menjadi

Produk Ramah Lingkungan Menggunakan Marketing Google My Business. ADMA :

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 303–312. https://doi.org/10.

30812/adma.v4i2.3398

Wati, S. A. J. A., Firmansyah, F., & Layli, M. (2023). EDUKASI MENINGKATKAN PENJUALAN

PRODUKUMKMDENGANMEMANFAATKANDIGITALMARKETINGMELALUISOSIAL

MEDIA. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 665–670. https://doi.

org/10.46576/rjpkm.v4i1.2572

Downloads

Published

2025-07-22